Mekanisme pembiayaan Mudharabah di BMT Mughni Madani Komplek Cibiru Raya : Studi kasus di BMT Mughni Madani Komplek Cibiru Raya Kec. Citeunyi

SaginatuIIaely, Gina (2011) Mekanisme pembiayaan Mudharabah di BMT Mughni Madani Komplek Cibiru Raya : Studi kasus di BMT Mughni Madani Komplek Cibiru Raya Kec. Citeunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

BMT Mughni Madani merupakan lembaga keuangan mikro yang berasas aqidah islamiyah dan berlandaskan pada syariah muamalah yang bersumber dari al-Quran dan al-Sunnah bertujuan untuk mem bantu dan bekeijasama dengan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat. Dengan adanya lembaga keuangan mikro syariah seperti BMT Mughni Madani, dalam menyimpan dana dan pembiayaan untuk menjadi bekal di masa depan dan pengembangan usaha tentunya berdirinya BMT Mughni Madani sangat membantu dan berarti bagi masyarakat terutama masyarakat kelas ekonomi menengah dan bawah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tinjauan mudharabah dalam fiqh muamalah dan bagaimana mekanisme pembiayaan mudharabah di BMT Mughni Madani komplek Cibiru Raya dalam menarik masyarakat sekitar, juga untuk mengetahui peluang dan tantangan apa saja yang menjadi pembiayaan mudharabah sebagai produk unggulan di BMT Mughni Madani Komplek Cibiru Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif yaitu sebuah metode yang menggambarkan atau memaparkan data yang sebenamya. Objek penelitiannya adalah BMT Mughni Madani Komplek Cibiru saya. Jenis data yang digunakan oleh penulis adalah jenis data kualitatif dan kuantitatif dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Berkembangnya suatu lembaga keuangan mikro yang berbasis syariah seperti BMT tidak luput dari daya tarik masyarakat terhadap BMT tersebut, begitupun sebaliknya masyarakat tertarik terhadap BMT tersebut karena lembaga keungan mikro syariah yang memiliki keunggulan-keunggulan sendiri sehingga menarik masyarakat untuk menyimpan dana dan mengajukan pembiayaan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa mekanisme pembiayaan mudharabah di BMT Mughni Madani berbeda dengan umumnya, Disini BMT lebih menitik beratkan dari segi sosial dibandingkan keuntungan yang sebesar-besamya. Salah satu faktor pendukung dalam pembiayaan mudharabah sehingga menjadi produk unggulan di BMT Mughni Madani yaitu, Pencairan dana yang mudah dan cepat, Sistem bagi hasil yang ditentukan oleh kedua belah pihak, Persyaratan pengajuan yang mudah dipenuhi oleh semua kalangan, terutama pengusah kecil, Lingkungan sekitar yang sebagian masyarakatnya pedagang dan menawarkan jasa, Pengusaha kecil yang ingin mengembangkan usahanya tapi kekurangan dana, Potensi Market BMT, dari segi potensi emosional bisa sangat membantu dan memajukan pelaku usaha, Keunggulan kompetetif BMT dalam segi pemasaran memiliki posisi yang sangat kuat dan menarik jika dibandingkan pembiayaaan yang lainnya, Memiliki segmen pasar tersendiri, yakni sejauh mana mampu menggarap dan mengembangkan segmen ini, Kerugian ditanggung BMT selama bukan kelalaian nasabah/anggota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:56
Last Modified: 27 Oct 2023 08:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80850

Actions (login required)

View Item View Item