Strategi media televisi dalam mempertahankan eksistensi di era digital : Studi deskriptif di Inspira TV

Sari, Ulfi Nopita (2023) Strategi media televisi dalam mempertahankan eksistensi di era digital : Studi deskriptif di Inspira TV. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Sampai saat ini masih banyak yang belum mengetahui apa itu televisi digital. Salah satu televisi yang sudah memanfaatkan teknologi digital ini dalam menyebarkan beritanya ialah Inspira TV. Televisi digital yang digandrungi anak muda ini berasal dari Bandung dan sejak awal kehadirannya sudah disambut baik oleh masyarakat. Karena peralihan TV analog ke TV digital memerlukan waktu lama sehingga Inspira TV membutuhkan strategi kuat untuk dapat bersaing dengan TV analog. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi media televisi dalam mempertahankan eksistensi di era digital (studi deskriptif di Inspira TV). Penelitian ini menggunakan konsep STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dari Kotler. Konsep STP pada media televisi digunakan untuk menentukan tiga hal, yaitu segmen pasar (segmenting), target audience targeting), dan posisi yang diinginkan di pasar (positioning). Melalui konsep STP ini, penelitian ini akan memberikan deskripsi strategi Inspira TV dalam mempertahankan eksistensi di era digital. Metode penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan paradigma kontruktivitas adalah upaya untuk mengetahui strategi yang ada di Inspira TV untuk mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif sehingga sumber data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data wawancara. Informan dalam penelitian ini ialah Pimpinan Redaksi, Produser Program, dan Tim Sosial Media & Digital Marketing. Sebagai pendukung, peneliti juga menggunakan data sekunder dari dokumentasi yang berasal dari laman resmi Inspira TV dan arsip lainnya. Hasil penelitian menyimpulkan beberapa hal diantaranya; (1) Inspira TV menentukan segmentasi demografi program-program mereka untuk anak muda dan penonton yang berkeluarga, sedangkan untuk segmentasi geografis saat ini Inspira TV sedang mengembangan corporate area untuk memperluar segmen pasar mereka; (2) Target penonton Inspira TV secara khusus untuk anak muda dan penonton yang berkeluarga. Inspira TV juga menyajikan program televisi maupun program di media social yang beragam dan sesuai dengan sasaran penontonnya; dan (3) Inspira TV Bandung memposisikan dirinya sebagai media penyampai informasi dan bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, dan membranding diri sebagai Edutament, education dan entertainment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Branding Diri; Strategi Media; Target Penonton
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: ulfi nopita sari
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:16
Last Modified: 30 Oct 2023 07:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80861

Actions (login required)

View Item View Item