Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa : Penelitian di SMP Negeri 3 Majalengka

Farhanillah, Naufali (2023) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa : Penelitian di SMP Negeri 3 Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi dari guru PAI bahwa siswa di SMP Negeri 3 Majalengka terdapat latar belakang agama yang berbeda yakni agama Islam, Kristen, Katolik, dan Hindu. Dengan adanya perbedaan latar belakang keyakinan beragama tersebut peneliti ingin mengungkap bagaimana peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Majalengka agar terciptanya kerukunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bentuk peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Majalengka, 2) Faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama di SMP Negeri 3 Majalengka. 3) Hasil dari peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Majalengka, Grand teori dalam penelitian ini adalah teori pendidikan multikultural. Teori pendidikan multikultural adalah teori yang berkaitan dengan bagaimana pendidikan dapat mempromosikan pemahaman, penghargaan, dan toleransi terhadap berbagai budaya dan agama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dilanjutkan dengan kesimpulan (conclusion drawing/verification). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama siswa di SMP Negeri 3 Majalengka, melaluli dua kegiatan yaitu ketika pembelajaran di kelas dilakukan dengan cara menanamkan nilai toleransi secara teoritis, dan kegiatan pembelajaran di luar kelas memberikan teladan dalam kehidupan berbeda agama seperti berinteraksi dan bekerjasama atau saling membantu antar warga sekolah tanpa memandang latar belakang agama. Kegiatan pembelajaran dikelas 2) Faktor pendukung dalam menanamakan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 3 Majalengka, adanya dorongan dari guru, kesadaran siswa, dan dukungan dari orang tua. Faktor penghambat dalam menanamakan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 3 Majalengka, hanya seputar perbedaan pendapat pada hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya konflik dan kurangnya fasilitas untuk siswa non-muslim. 3) Hasil dari peran guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi siswa di SMP Negeri 3 Majalengka diantaranya siswa lebih mampu berbaur satu sama lain tanpa membedakan agama, siswa lebih mampu menghargai siswa lain ketika sedang menjalankan ibadah dan sikap saling kerja sama antar siswa dalam kegiatan keagamaan berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI; Sikap Toleransi Beragama Siswa
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Farhanillah Naufali
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:05
Last Modified: 27 Oct 2023 01:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80894

Actions (login required)

View Item View Item