Pengelolaan arsip dinamis dan hubungannya dengan kompetensi tenaga administrasi perpustakaan : Penelitian pada bagian Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat

Fuadah, Nazwa Hasanatul (2023) Pengelolaan arsip dinamis dan hubungannya dengan kompetensi tenaga administrasi perpustakaan : Penelitian pada bagian Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Pengelolaan arsip dinamis secara baik dapat menunjang kegiatan administrasi agar lebih lancar, namun sering kali pekerjaan ini diabaikan dengan berbagai macam alasan. Berbagai kendala seperti kurangnya tenaga arsiparis maupun terbatasnya sarana dan prasarana selalu menjadi alasan buruknya pengelolaan arsip di hampir sebagian besar instansi pemerintahan maupun swasta. Jika tenaga administrasi kurang memiliki kompetensi dalam pengelolaan arsip dinamis, maka kemungkinan besar pengelolaan arsip akan terganggu. Dokumen dan informasi penting mungkin hilang, sulit ditemukan, atau tidak terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi organisasi untuk melengkapi tenaga administrasi dengan pengetahuan, keterampilan, dan pelatihan yang diperlukan untuk menjalankan pengelolaan arsip yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengelolaan arsip dinamis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, 2) mendeskripsikan kompetensi tenaga administrasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, 3) menganalisis hubungan pengelolaan arsip dinamis dengan kompetensi tenaga administrasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional. Pengumpulan data pada penelitian ini didapatkan melalui kuesioner dengan pengukuran data skala likert. Responden penelitian ini adalah petugas bagian Kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat sebanyak 37 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan 1) Pengelolaan arsip dinamis di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Provinsi Jawa Barat dikategorikan tinggi yaitu 3,43 dari hasil pengolahan data, 2) Kompetensi tenaga administrasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat dikategorikan tinggi yaitu 3,43 dari pengolahan data, 3) Berdasarkan uji korelasi sebesar 0,000, maka korelasi antar variabel, selanjutnya berdasarkan nilai pearson correlation sebesar 0,570 maka kriteria korelasi kedua-kedua variabel yaitu mempunyai hubungan yang sedang/cukup. Pearson correlation pada analisis ini bernilai positif maka korelasi antar variabel bersifat positif. Sehingga semakin baik pengelolaan arsip dinamis maka semakin baik pula kompetensi tenaga administrasi. Berdasarkan uji koefisiensi determinasi, diperoleh hasil koefisiensi determinasi sebesar 0,535 yang bermakna bahwa kontribusi variabel pengelolaan arsip dinamis terhadap kompetensi tenaga administrasi sebesar 0,535%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Arsip Dinamis; Kompetensi; Tenaga Administrasi
Subjects: Relationship of Libraries
Office Services > Records Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nazwa Hasanatul Fuadah
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:20
Last Modified: 27 Oct 2023 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80896

Actions (login required)

View Item View Item