Kekerasan dalam rumah tangga perspektif tafsir Imam Qurthubi dalam kitab Al Jami'Li Ahkam Al Qur'an

Assyifa, Rofiqoh (2023) Kekerasan dalam rumah tangga perspektif tafsir Imam Qurthubi dalam kitab Al Jami'Li Ahkam Al Qur'an. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan fakta yang terjadi di Indonesia kekerasan dalam rumah tangga masih banyak terjadi, padahal sudah tercantum hukum bagi pelaku tindak kekerasan dalam rumah tangga. Berangkat dari kasus tersebut, penelitian ini membahas tentang kekerasan dalam rumah tangga di dalam kitab Al-Jāmi’ Li Ahkām Al-Qur’an karya Imam Qurṭubi. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan kekerasan di dalam keluarga baik itu bentuk, penyebab dan solusi. Hal tersebut dapat diketahui melalui penelusuran ayat yang berkaitan dengan kekerasan dalam rumah tangga kemudian dilanjutkan dengan pencarian dan analisis terhadap tafsir Al-Jami Li Ahkam Al-Quran karya Imam Qurṭubi. Penelitian yang dilakukan ini termasuk ke dalam kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi pustaka (library search). Sumber utama dalam penelitian ini adalah surat An-Nisa:19, 34 dan 35, Al-Hujurat:13, Ar-Rum:21, Al-Baqarah:187 dan 228, At-Taubah:71, Maryam:55, An-Nisa:128 dan tafsir Al-Jami Li Ahkam Al-Qur’an karya Imam Qurṭubi. Adapun sumber pendukung dari penelitian ini adalah kitab-kitab, buku-buku dan karya tulis ilmiah berupa artikel jurnal dan karya tulis lain yang membahas kekerasan dalam rumah tangga. Setelah melakukan penelitian, penulis menemukan hasil bahwa kekerasan dalam rumah tangga menurut Imam Qurṭubi adalah segala bentuk perbuatan yang dapat melukai atau mencederai istri. Kemudian dalam penafsirannya dijelaskan mengenai diperkenankannya memukul istri dengan tujuan untuk mendidik, pukulan yang diberikan tidak sampai melukai atau mencederai istri dalam arti diperkenankannya memukul ini sesuai dengan hukum syariat. Konsep berumah tangga yang sesuai dengan ajaran Islam menurut Imam Qurṭubi adalah rumah tangga yang dikenal dengan istilah Sakinah, mawaddah, warahmah yakni keluarga yang di dalamnya terdapat ketentraman dan kasih sayang serta memiliki tujuan akhirat yakni mengejar Ridha Allah. Dari penelitian tersebut penulis menarik kesimpulan bahwa Imam Qurṭubi berpendapat bahwa pemukulan yang dilakukan oleh suami terhadap istri hanya boleh dilakukan apabila memenuhi tiga syarat utama, yaitu: pertama; nasehat dan pisah ranjang tidak efektif, kedua; pukulan ini dilakukan dalam rangka mendidik, dan ketiga; tidak menyakiti dan melukai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kekerasan dalam rumah tangga; Imam Qurthubi; Al Jami' Li Ahkam Al-Qur'an
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Rofiqoh Assyifa
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:02
Last Modified: 31 Oct 2023 04:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80915

Actions (login required)

View Item View Item