Fungsi, kategori, dan peran Verba dalam Antologi Puisi Imam Syafi’i pada Qafiah Hamzah dan Alif Layyinah : Kajian sintaksis

Dimyati, Sholihu Ma'shum (2023) Fungsi, kategori, dan peran Verba dalam Antologi Puisi Imam Syafi’i pada Qafiah Hamzah dan Alif Layyinah : Kajian sintaksis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : Fungsi, kategori, dan peran merupakan bagian dari struktur sintaksis yang tidak dapat dipisahkan. Secara umum struktur sintaksis terdiri dari subjek, predikat, objek, dan keterangan, dimana sering juga dikenal dengan singkatan SPOK. Struktur SPOK ini ialah kotak-kotak kosong yang tidak mempunyai arti apa-apa karena kekosongan tersebut. Kemudian kotak-kotak kosong tersebut yang akan diduduki oleh sesuatu yang berupa kategori sintaksis dna peran sintaksis. Ketiganya saling berkaitan dalam memahami struktur sintaksis yang ada. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran tentang struktur fumgsi, pola kategori, dan pasangan peran dalam antologi puisi atau diwan Imam Syafi’i pada qafiah hamzah dan alif layyinah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dimana peneliti menjawab dengan jelas dan detail terhadap rumusan masalah yang ada dan hasil analisisnya disajikan secara deskriptif. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan sintaksis dengan teknik pengumpulan data simak catat, yaitu dengan menganalisis fungsi, kategori dan peran pada kalimat lalu kemudian mengklasifikasikan data-data berdasarkan strukturnya yang kemudian dideskripsikan secara terperinci dan sistematis. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa variasi struktur fungsi yang terdapat dalam antologi puisi Imam Syafi’i pada qafiah hamzah dan alif layyinah, beberapa variasi pola kategori yang terdapat dalam antologi puisi Imam Syafi’i pada qafiah hamzah dan alif layyinah, dan beberapa variasi pasangan peran yang terdapat dalam antologi puisi Imam Syafi’i pada qafiah hamzah dan alif layyinah. ARAB : تعد الوظائف والفئات والأدوار جزءا من بنية نحوية لا تنفصل. الثلاثة مترابطون في فهم البنية النحوية الحالية. بشكل عام ، تتكون البنية النحوية من الموضوع و المسند و الكائن و الوصف. هيكل هذه الاربعة عبارة عن صناديق فارغة ليس لها معنى بسبب الفراغ. ثم سيتم شغل المربعات الفارغة بشيء في شكل فئات و أدوار. يهدف هذه البحث للحصول على لمحة عامة عن الوظائف و الفئات و الأدوار في ديوان الإمام الشافعي في قافية الهمزة والألف اللينة. الطريقة المستخدمة في هذه البحث هي طريقة وصفية نوعية، حيث يجيب الباحث بوضوح وبالتفصيل على صياغة المشكلة الموجودة ويتم عرض نتائج التحليل بشكل وصفي. المنهج المستخدم في هذه البحث هو دراسة لسانية مع تقنيات جمع البيانات، أي من خلال تحليل الوظائف والفئات والأدوار في الجمل ثم تصنيف البيانات بناء على هيكلها الذي يتم وصفه بعد ذلك بالتفصيل وبشكل منهجي. أظهرت نتائج هذه البحث أن هناك عدة اختلافات في الوظيفة و الفئات و الأدوار الواردة في ديوان الإمام الشافعي في القافية الهمزة و الألف اللينة.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fungsi; Kategori; Peran; Verba; Diwan; Imam Syāfi’i.
Subjects: Arabic
Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Sholihu Ma'shum Dimyati
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:54
Last Modified: 31 Oct 2023 00:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80933

Actions (login required)

View Item View Item