Prasetyaningrum, Nabila Andjaresta (2023) Pengembangan media pembelajaran Flipbook terhadap hasil berpikir kritis siswa materi sistem pencernaan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (422kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (399kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4 (3).pdf Restricted to Registered users only Download (925kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran saintifik 5M dengan menggunakan media flipbook merupakan pembelajaran berbasis sains dengan langkah mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan, berbantu media flipbook yang merupakan e-lkpd berisi video, suara, dan gambar didalamnya. penelitian ini bertujuan untu menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media flipbook, Metode penelitian yang digunakan yaitu RND dengan instrumen penelitian berupa lembar validasi, pretest, posttest, dan angket respon siswa. dalam hasilpenelitian menunjukan bahwa hasil validasi dari guru mata pelajaran terdapat lima aspek yaitu aspek kualitas, aspek efektifitas, aspek pemograman,aspek isi materi, aspek kelayakan bahasa. pada aspek kualitas mendapati hasil 85%, aspek efektivitas 75%, aspek pemograan 87,5%, aspek isi materi 77% dan aspek kelayakan bahasa 75%. dari kelima aspek tersebut didapai presenntase rata-rata 79,9% dengan kategoi media pada saat penelitian layak digunakan, hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan media flipbook memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 85,1. peningkatan hasil belajar siswa mendapatkan nilai rata-rata n-gain pad aelas praeksperimen sebesar 0,61 dengan kategori sedang. hasil uji hipotesis menggunakan uji T juga menunjukan Sig. 2- tailed (0,000) < Ttabel (α = 0,05) yang berarti h0 ditolak dan ha diterima. Rata-rata persentase respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan media flipbook sebesar 70,4% denan kategori baik. berdasarkan data hasil penelitian ini penggunaan media flipbook berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa serta membuat siswa lebih aktif
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Flipbook; Hasil Belajar Kognitif; Sistem Pencernaan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nabila Andjaresta Prasetya |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 00:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 00:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80974 |
Actions (login required)
View Item |