Analisa pengaruh Financial Distress terhadap kebangkrutan perusahaan dengan model Altman Z-score: Studi pada sektor industri barang konsumsi yang Listing dalam Daftar Efek Syariah periode 2018-2022

Amaliah, Ilma Nurul (2023) Analisa pengaruh Financial Distress terhadap kebangkrutan perusahaan dengan model Altman Z-score: Studi pada sektor industri barang konsumsi yang Listing dalam Daftar Efek Syariah periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (77kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa pengaruh financial distress terhadap kebangkrutan pada perusahaan dengan model Altman Z-Score Modifikasi pada sektor barang konsumsi yang listing dalam Daftar Efek Syariah dengan batasan penelitian 5 tahun yaitu dari tahun 2018 hingga tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif degan pemilihan sampel mengunakan metode purpose sampling diman terpilih 22 perusahaan dari 43 perusahaan yang termasuk ke dalam populasi yang kemudian sampel dikategorikan menjadi perusahaan yang diprediksi mengalami financial distress dan perusahaan yang diprediksi sehat, dilihat dari nilai Erning Per Share nya. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh langsung dari website resmi Otoritas Jasa Keuangan, dan berbagai website resmi Perusahaan. Variabel yang digunakan bersifat dikotomi sehingga untuk mengetahui pengaruh antar variabel dependen dengan independennya digunakan analisi regresi logistik biner. Tingkat signifikasi (ɑ) yang digunakan pada penelitian ini sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasio Working Capital to Total Asset tidak perpengaruh terhadap analisa financial distress dilihat dari besaran signifikasinya yaitu sebesar 0,957, Retained Earning to Total asset tidak perpengaruh terhadap analisa financial distress dilihat dari besaran signfikasinyasebesar 0,957, Earning Before Interes and tax to Total Asset tidak berpengaruh terhadap analisa financial distress dilihat dari besaran signifikasinya sebesar 0,958, Market Value of Equityto Total Liabilities tidak berpengaruh terhadap analisa financial distress dilihat dari besaran signifikannya sebesar 0,957. Dari keempat rasio yang termasuk ke dalam model Altman Z-Score Modifikasi, semuanya rasio tidak terbukti berpengaruh terhadap financial distress pada perusahaan sektor industri barang konsumsi periode 2018-2022, akan tetapi secara simultan atau bersama-sama Rasio Model Altman Z – Score yaitu WCTA, RETA, EBITA dan MVEIL berpengaruh signifikan terhadap terhadap Finacial Distress dan Kebangkrutan Perusahaan sektor Industri Barang Konsumsi yang Listing dalam Daftar Efek Syariah periode 2018-2022, dengan nilai signfikansi sebesar0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financial Distresss; Alman Z-score; kebangkrutan; perusahaan;
Subjects: Analysis, Theory of Functions > Other Analytic Methods
Business > Data Processing and Analysis of Business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilma Nurul Amaliah
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:00
Last Modified: 30 Oct 2023 03:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80997

Actions (login required)

View Item View Item