Hidup sehat ala Rasulullah di era Modern : Studi deskriptif pada komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad di Cileunyi Kab. Bandung

Zulfikar, Satria (2023) Hidup sehat ala Rasulullah di era Modern : Studi deskriptif pada komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad di Cileunyi Kab. Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari perubahan zaman yang semakin modern yang menyebabkan perubahan perilaku pada manusia, terutama dalam pola hidupnya. Kehidupan yang semakin materialistis dan idealis, menyebabkan manusia mengalami ketidakstabilan mental yang berakhir terganggunya kesehatan fisik. Pada akhirnya manusia berlomba mencari solusi pengobatan atas penyakitnya, pengobatan medis pun menjadi kiblat pengobatan manusia. Namun, manusia lupa akan dampak negatifnya. Pengobatan nabi yang sempat terlupakanpun kini menjadi sesuatu yang paling dicari, karena minim dampak negatif dan mampu menjawab persoalan kesehatan yang ada. Pengobatan tradisional yang berkiblat pada pengobatan nabi pun mulai bermunculan, sebagai upaya membudayakan kembali pengobatan nabi, salah satunya Komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan memahami pengertian hidup sehat ala Rasulullah Saw. di era modern, menjelaskan dan mengetahui metode pengobatan Komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad, dan pandangan Komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad terhadap hidup sehat ala Rasulullah. Grand Theory yang dipakai dalam penelitian ini yakni Ath-Thibbun An-Nabawi menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah yang menjelaskan metode pengobatan dan pola hidup sehat Rasulullah Saw. Adapun teori pendukung dari penelitian ini memakai pemikiran Zaidul Akbar, sedangkan pengaplikasian kedua teori tersebut menggunakan perspektif Komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad. Metode penilitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan kepada lima orang terapis yang sudah menempuh tingkatan master. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles dan Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa Komunitas Terapi Gusmus Raksa Jasad itu merupakan komunitas yang bergerak di bidang kesehatan yang sesuai dengan apa yang Rasulullah Saw. ajarkan, baik dalam metode pengobatan dan konsep pola hidup nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: AthiThibbun An-Nabawi; kesehatan kradisional; era modern;
Subjects: Islam > Muhammad the Prophet
Pharmacology and Therapeutics > Therapeutics, Theraphy
Pharmacology and Therapeutics > Physical Therapies and Kinds of Therapics
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Zulfikar Satria
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:48
Last Modified: 30 Oct 2023 03:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81014

Actions (login required)

View Item View Item