Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah : Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 & SMK Muhammadiyah 2 Se-Kecamatan Cibiru

Alamsyah, Fikri (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah : Penelitian di SMA Muhammadiyah 4 & SMK Muhammadiyah 2 Se-Kecamatan Cibiru. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isii.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.docx.pdf

Download (248kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

Dalam mengembangkan budaya organisasi yang ada di sekolah, seorang kepala sekolah harus mempunyai nilai dan kepercayaan yang jelas dan kuat tentang organisasi yang diinginkan. Kepala sekolah memiliki kontribusi sebagai pencipta dan membentuk budaya organisasi di lembaganya, karena memiliki kemampuan dan kekuasaan untuk melakukannya. Selain itu, kepala sekolah memiliki visi dan misi, kemudian memberikan contoh dan menyebarkannya yang kemudian diikuti oleh bawahannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Realitas Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah di SMA Muhammadiyah 4 & SMK Muhammadiyah 2 se-Kecamatan Cibiru; 2) Realitas Budaya Organisasi Sekolah di SMA Muhammadiyah 4 & SMK Muhammadiyah 2 se-Kecamatan Cibiru; 3) Realitas Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Budaya Organisasi Sekolah di SMA Muhammadiyah 4 & SMK Muhammadiyah 2 se-Kecamatan Cibiru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Sampel penelitian in sebanyak 92 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS 26 dengan Analisis Instrumen Penelitian (Validitas dan Reliabilitas), Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Prasyarat (Normalitas, Linearitas, Dan Homogenitas), dan Pengujian Hipotesis yang terdiri dari Uji Koefisien Korelasi, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Signifikansi (Uji T). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Realitas Gaya Kepemimpinan Demokratis Kepala Sekolah termasuk dalam kategori “Sangat Tinggi” karena berada dalam rentang interval 3,25 – 4,00 dengan perolehan nilai sebesar 3,29; 2) Realitas Budaya Organisasi Sekolah termasuk dalam kategori “Tinggi” karena berada dalam rentang interval 2,50 – 3,24 dengan perolehan nilai sebesar 3,18; 3) Adapun gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap budaya organisasi sekolah yang dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,00 < 0,05 yang menandakan bahwa hipotesis kerja (Ha) yang diajukan diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hasil uji koefisien determinasi (R Square) memperoleh hasil sebesar 0,300 yang memiliki arti bahwa pengaruh gaya kepemimpinan demokratis kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah sebesar 30%, sedangkan sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh faktor lain di luar jangkauan pembahasan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Demokratis; Kepala Sekolah; Budaya Organisasi Sekolah
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fikri Alamsyah
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:23
Last Modified: 31 Oct 2023 00:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81036

Actions (login required)

View Item View Item