Saputri, Alifia Angga (2023) Pengembangan E-Comic interaktif menggunakan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (139kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebutuhan, menganalisis hasil validasi, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap pengembangan e-comic interaktif menggunakan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yakni metode Research and Development dengan model pengembangan dibatasi 4D yang dibatasi dengan tahap Define, Design, Develop (3D). Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, tes (pretest dan posttest), dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan mengubah data skala Likert menggunakan rumus persentase yang disesuaikan dengan tabel kategori kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase uji kevalidan oleh validator ahli media sebesar 78% dengan kategori cukup valid dengan revisi, uji validasi oleh validator ahli materi sebesar 75% dengan kategori cukup valid dengan revisi, dan uji validasi oleh guru biologi sebesar 94% dengan kategori sangat valid dengan revisi. Rata-rata persentase angket respon siswa sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media e-comic interaktif layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran, siswa merespon dengan positif, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; E-Comic Interaktif; Kemampuan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Natural Science Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Alifia Saputri |
Date Deposited: | 31 Oct 2023 00:39 |
Last Modified: | 31 Oct 2023 00:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81079 |
Actions (login required)
View Item |