Pengembangan E-Comic interaktif menggunakan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem

Saputri, Alifia Angga (2023) Pengembangan E-Comic interaktif menggunakan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran kebutuhan, menganalisis hasil validasi, menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap pengembangan e-comic interaktif menggunakan Canva terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan yakni metode Research and Development dengan model pengembangan dibatasi 4D yang dibatasi dengan tahap Define, Design, Develop (3D). Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA 2 SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, tes (pretest dan posttest), dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan mengubah data skala Likert menggunakan rumus persentase yang disesuaikan dengan tabel kategori kevalidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase uji kevalidan oleh validator ahli media sebesar 78% dengan kategori cukup valid dengan revisi, uji validasi oleh validator ahli materi sebesar 75% dengan kategori cukup valid dengan revisi, dan uji validasi oleh guru biologi sebesar 94% dengan kategori sangat valid dengan revisi. Rata-rata persentase angket respon siswa sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media e-comic interaktif layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran, siswa merespon dengan positif, dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; E-Comic Interaktif; Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Natural Science
Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Alifia Saputri
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:39
Last Modified: 31 Oct 2023 00:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81079

Actions (login required)

View Item View Item