Pemberdayaan masyarakat melalaui program pelatihan budidaya ikan lele:Studi deskriptif di desa Cileles kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Abdurrafi, Muhamad Faisal (2023) Pemberdayaan masyarakat melalaui program pelatihan budidaya ikan lele:Studi deskriptif di desa Cileles kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah Desa Cileles bekerjasama dengan lembaga intansi pelatihan Sumedang mengadakan kegiatan Program Pelatihan Budidaya Ikan Lele untuk menjalankan pemberdayaan masyarakat desa. Pemberdayaan merupakan suatu upaya untuk mengembangkan kemampuan, keterampilan, dan pengetahuan masyarakat dalam mengambil peran aktif dalam membangun masyarakat yang lebih baik, serta memperkuat hubungan sosial yang ada di antara mereka. Pemberdayaan sosial juga melibatkan upaya untuk memberikan dukungan bagi masyarakat dalam mengatasi permasalahan sosial yang dihadapinya. Pemberdayaan melalui program pelatihan budidaya ikan lele merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara mengembangkan potensi yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Budidaya ikan lele merupakan salah satu upaya yang tepat untuk memberdayakan masyarakat di Desa Cileles, untuk memperbaiki keadaan ekonomi masyarakat yang tergolong dalam ekonomi menengah kebawah. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui upaya membagun kemampuan, keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam program pelatihan budidaya ikan lele, Untuk mengetahui upaya memperkuat hubungan sosial antar masyarakat melaui program pelatihan, dan Untuk mengetahui upaya memberikan dukungan dalam mengatasi permasalahan kesenjangan masyarakat di Desa Cileles. Penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan mengenai proses dan hasil Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Desa Cileles, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan gejala-gejala masalah sosial masyarakat dan mengumpulkan data atau informasi yang disusun dan dijelaskan serta dianalisis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu dengan tahap: Reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Proses Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Desa Cileles, yaitu melalui: sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui budidaya lele, penyadaran potensi Sumberdaya Manusia, pelatihan budidaya lele, pelaksanaan budidaya lele dan pengolahan lele. dapat dilihat dari peningkatan masyarakat dalam aspek ekonomi, pengetahuan, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan; budidaya ikan lele; pelatihan; masyarakat; pengembangan masyarakat islam.
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhamad Faisal
Date Deposited: 31 Oct 2023 00:56
Last Modified: 31 Oct 2023 00:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81086

Actions (login required)

View Item View Item