Pengaruh Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terhadap kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung

Rahman, Fanny Aulia (2023) Pengaruh Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terhadap kinerja tenaga kependidikan: Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy

Abstract

Zona Integritas (ZI) atau Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) adalah sebuah konsep yang digunakan dalam pengelolaan pemerintahan, termasuk di sektor pendidikan, untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan. Wilayah Bebas Korupsi (WBK) mencakup serangkaian prinsip, prosedur, dan tindakan yang dirancang untuk meminimalkan risiko terjadinya tindakan korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui realitas wilayah bebas korupsi (WBK) di MAN Kota Bandung; 2) Untuk mengetahui realitas kinerja tenaga kependidikan di MAN Kota Bandung; 3) Untuk mengetahui pengaruh wilayah bebas korupsi (WBK) terhadap kinerja tenaga kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis regresi. Dengan uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji normalitas, uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana dan uji koefisien determinan). Berdasarkan hasil penelitian, analisis regresi linier sederhana antara Pengaruh Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Kota Bandung, berdasarkan hasil penelitian predikat wilayah bebas korupsi dari 38 responden dengan tiga indikator yaitu 1) komunikasi 2) sumber Daya 3) disposisi. dengan nilai rata-rata 4,5. Berada pada kualifikasi tinggi. Sedangkan kinerja tenaga kependidikan berdasarkan 38 responden dengan lima indikator yaitu 1) produktivitas 2) kualitas layanan 3) responsivitas 4) responsibilitas 5) akuntabilitas, dengan nilai rata-rata 4,7. Berada pada kualifikasi sangat tinggi. Hasil uji f nilai signifikansi F (0,000) < α = 0.05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel terikat dapat dipengaruhi oleh variabel bebas, hasil uji t nilai sig. t (0,000) < α = 0.05. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel terikat dapat dipengaruhi oleh variabel bebas. Pengaruh wilayah bebas korupsi (wbk) terhadap kinerja tenaga kependidikan dapat disimpulkan bahwa wilayah bebas korupsi (wbk) berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan sebesar 64,5% dan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh faktor – faktor lainnya yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: wilayah bebas korupsi (WBK); kinerja tenaga kependidikan;
Subjects: Constitutional and Administrative Law > Basic Instrument of Indonesia
Adult Education > Adult Education in Indonesia
Public Policy Issues in Education > Public Policy Issues in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fanny Aulia Rahman
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:44
Last Modified: 13 Nov 2023 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81092

Actions (login required)

View Item View Item