Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli uang logam Rp 1.000 te 1993: Studi kasus di toko Uang Kuno Alun Alun Kota Bandung

Fajar, Hisan Maulana (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap jual beli uang logam Rp 1.000 te 1993: Studi kasus di toko Uang Kuno Alun Alun Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya pemberitaan jual beli uang logam Rp 1.000 yang dianggap langka dan memiliki nilai jual di atas nominalnya serta beberapa masyarakat mulai menganggap uang ini menjadi uang kuno. Oleh karena itu, penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai praktik jual beli mata uang logam Rp 1.000 tahun emisi 1993 di toko jual beli mata uang kuno. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme jual beli uang logam Rp 1.000 tahun emisi 1993 di Toko Uang Kuno Alun-Alun Kota Bandung dan untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap jual beli uang logam Rp 1.000 tahun emisi 1993 di Toko Uang Kuno Alun-Alun Kota Bandung. Praktik jual beli al-sharf harus mengikuti kaidah-kaidah tentang jual beli mata uang terkait dengan kedudukannya sebagai harta ribawi. Mata uang yang diperjualbelikan di masyarakat tersebut dapat memiliki ‘illat hukum sebagai tsamaniyah ataupun sudah berubah menjadi si’lah (komoditas). Kedua ‘illat hukum tersebut menjadi fokus praktik jual beli mata uang logam Rp 1.000 yang akan dikaitkan dengan teori-teori yang relevan. Teori yang digunakan terkait permasalahan sebagaimana disebutkan adalah teori mengenai jual beli al-sharf dan teori tentang riba buyu’. Teori yang digunakan tersebut berdasarkan isu syariah yang terjadi pada penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan secara utuh terkait mekanisme dan hal-hal yang berkaitan dengan transaksi yang jual beli mata uang logam Rp 1.000. Adapun data yang penulis peroleh berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan dua kesimpulan. Pertama, praktik jual beli mata uang ini dilakukan secara langsung di toko jual beli mata uang kuno dan asing. Setelah melakukan tawar menawar, Erza sebagai pembeli dan Bapak Agung sebagai penjual sepakat untuk memperjualbelikan 10 mata uang logam Rp 1.000 tahun emisi 1993 seharga Rp 100.000. Kedua, mata uang logam Rp 1.000 ini berdasarkan qiyas masih berlaku sebagai mata uang yang sah di NKRI karena belum dicabut dan ditarik peredarannya oleh Bank Indonesia sebagaimana diatur dalam Pasal 17 ayat (1) Undang-Undang RI No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang juncto Pasal 7 Peraturan Bank Indonesia nomor 18/26/PBI/2016. Selisih harga yang dipertukarkan di sini menjadi riba fadhl dikarenakan kedua objek tersebut merupakan harta ribawi yang sejenis yang bertentangan dengan keharusan mitsl bi mitsl. Hal tersebut juga sebagaimana diatur dalam Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 28/DSN-MUI/III/2002 tentang Jual-Beli Mata Uang (Al-Sharf) yang menyatakan bahwa apabila transaksi dilakukan terhadap mata uang sejenis maka nilainya harus sama dan secara tunai (al-taqabudh). Oleh karena itu, berdasarkan hukum ekonomi syariah, transaksi jual beli mata uang yang dilakukan pada penelitian kali ini hukumnya haram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual beli al-sharf; mata uang; riba
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Financial Economics, Finance > Money
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Hisan Maulana Fajar
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:01
Last Modified: 02 Nov 2023 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81115

Actions (login required)

View Item View Item