Strategi dakwah Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Khithabah Santri: Studi deskriptif tentang kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra Bekasi

Ikhsan, Muhammad (2023) Strategi dakwah Pondok Pesantren dalam meningkatkan kemampuan Khithabah Santri: Studi deskriptif tentang kegiatan Muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy

Abstract

Berbicara dan berdialog merupakan salah satu seni dan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap umat manusia. Sebab, dengan cara seperti itulah setiap manusia bisa menggunakan bahasa dan berkomunikasi serta berinteraksi dengan manusia lainnya secara baik. Pondok pesantren adalah salah satu lembaga yang sangat baik dalam penerapan strategi untuk memperdalam ilmu-ilmu agama Islam. Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra merupakan sebuah Lembaga didirikan oleh Pahlawan Nasional Almarhum Almaghfurllah KH. Noer Alie Sang Singa Karawang Bekasi sejak 1940. Mencetak generasi lulusan pesantren yang berkualitas dan mempunyai retorika penyampaian pesan dakwah yang sangat baik. Perlu dibimbing serta diarahkan supaya ketika lulus nanti menjadi seorang santri yang dapat mesyiarkan ajaran agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah pondok pesantren untuk meningkatkan kemampuan berkhithabah santri melalui kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra Bekasi. Penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan teori manajemen strategi yang memiliki beberapa tahapan yaitu memformulasikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi. Dengan mengunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi ntuk mengumpulkan data. Hasil penelitian ini adalah penerapan strategi pada kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Pusat Putra dalam meningkatkan kemampuan khithabah santri ada tiga strategi yaitu, manuskrip (membaca atau melihat naskah), memoriter (menghafal), dan Impromtu (Spontanitas). Implementasi kegiatan muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa dilaksanakan rutin setiap minggunya. Pada malam jum’at, sabtu, minggu jam 20:00 – 21-30 WIB. Dengan menggunakan metode ceramah dan metode perlombaan. Evaluasi berupa indikator keberhasilan santri melalui program muhadharah akan di informasikan langsung kesetiap wali santri pada acara pengajian mingguan wali santri dan juga pada saat sidang triwulan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pondok Pesantren; Muhadharah; Santri; Khithabah;
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Curricula
Arts
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Muhammad Ikhsan Muhammad Ikhsan
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:27
Last Modified: 31 Oct 2023 04:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81125

Actions (login required)

View Item View Item