Konsep Tawazun beribadah dalam Al-Qur'an : Kajian tafsir Maudhu'i

Fadlilah, Shofi Nurul (2023) Konsep Tawazun beribadah dalam Al-Qur'an : Kajian tafsir Maudhu'i. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai konsep tawāzun yang berhubungan dengan beribadah di dunia. Tawāzun atau keseimbangan ini merupakan sikap dan gerakan moderasi yang menggambarkan sikap tengah dalam berbagai aspek kehidupan. Dimana dengan keseimbangan berarti melakukan sesuatu secara proporsional, tidak berlebihan maupun kurang, serta menghindari ekstremisme dan sikap liberal yang berlebihan. Pemahaman mengenai tawāzun ini sangat diperlukan untuk mencapai harmoni dalam kehidupan dan hubungan dengan Allah serta sesama makhluk-Nya. Tujuan penelitian ini, pertama, untuk mengetahui konsep keseimbangan dalam Al-Qur’an dengan penerapan kajian tafsir mauḍūʻi. Kedua, untuk mengetahui implikasi terhadap sikap bertawāzun yang telah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis kualitatif, di mana teknik pengumpulan data yang digunakan adalah library research atau studi kepustakaan, serta dokumentasi. Untuk menganalisis data, penelitian ini mengadopsi cara kerja pendekatan tafsir maudhu’i yang dikembangkan oleh Abd al-Hayy Farmawi, yang bertujuan untuk menggali makna tentang konsep tawāzun (keseimbangan) beribadah dalam Al-Qur’an. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode content analysis untuk mengidentifikasi dan menghubungkan relevansi antara konsep tawāzūn (keseimbangan) beribadah dalam Al-Qurʻan Hasil dari penelitian ini yaitu ditemukan 12 ayat dalam 9 surat dalam Al-Qur’an yang membahas mengenai konsep keseimbangan beribadah di dunia. Adapun dari kedua belas ayat tersebut memiliki bentuk keseimbangan yang berbeda-beda, meliputi keseimbangan terhadap menjalani kehidupan di dunia, keseimbangan dalam mempertimbangkan kemuliaan seseorang berdasarkan perbuatan baik atau buruknya, keseimbangan dalam janji Allah terhadap manusia, seimbangnya Allah dalam menciptakan alam semesta, keseimbangan antara upaya dan harapan, keseimbangan antara beribadah dzikir dan berfikir, serta keseimbangan antara nikmat lahir dan batin yang diberikan oleh Allah. Implikasi dari konsep keseimbangan ini, diharapkan tercipta hubungan yang adil dan menguntungkan bagi semua pihak yang terlibat, sehingga mendorong terciptanya lingkungan yang stabil dan berdaya guna dalam segala aspek kehidupan. Dalam implikasi ini, peneliti membagi menjadi tiga tipologi Tawāzun atau keseimbangan, tipologi rūhiyyah, aqliyyah, dan jismiyyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an; Mauḍū’I; Keseimbangan; Tawāzun; Beribadah
Subjects: God
Islam Umum
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Shofi Nurul Fadlilah
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:40
Last Modified: 02 Nov 2023 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81164

Actions (login required)

View Item View Item