Bimbingan pembiasaan zikir untuk meningkatkan Akhlakul Karimah santri

Basir, Amin Abdul (2023) Bimbingan pembiasaan zikir untuk meningkatkan Akhlakul Karimah santri. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh fenomena rendahnya akhlak santri di Madrasah Miftahul Anwar. Rendahnya akhlak santri tersebut karena pada awalnya santri pernah terjerumus lingkungan negatif yang berdampak pada perilaku sehari-hari mereka, baik di sekolah maupun ketika mengikuti pelaksanaan kegiatan pembiasaan zikir. Melihat adanya permasalahan yang di alami oleh santri maka di laksanakan bimbingan pembiasaan zikir yang bertujuan untuk meningkatkankan akhlak mereka. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui pemahaman santri tentang makna zikir di Madrasah Miftahul Anwar, 2). Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembiasaan zikir yang di lakukan oleh santri di Madrasah Miftahul Anwar, 3). Untuk mengetahui hasil dari bimbingan pembiasaan zikir untuk meningkatkan akhlakul karimah santri di madrasah Miftahul Anwar. Berdasarkan landasan teori menyatakan bahwa Bimbingan pembiasaan Zikir merupakan upaya pemberian bantuan atau pertolongan kepada individu yang sedang mengalami kesulitan baik lahiriyah maupun batiniyah untuk selalu mendekat dengan Allah dengan cara mengingat atau mengucapkan kalimat Tayyibah secara berulang-ulang yang nantinya akan terbiasa dan menyadari bahwa zikir itu sangatlah penting. Bantuan ini berbentuk pertolongan di bidang mental dan spiritual yang ada pada diri individu, hal ini di lakukan agar individu tersebut dapat mengatasi kemampuan yang ada pada dirinya melalui dorongan dengan kekuatan iman dan taqwa terhadap Allah SWT. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang akan menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tentang bimbingan pembiasaan zikir untuk meningkatkan akhlakul karimah santri di madarasah miftahul anwar. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan catatan lapangan. Kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan pembiasaan zikir dapat meningkatkan akhlakul karimah santri yang dilaksanakan di madrasah Miftahul Anwar yaitu bimbingan pembiasaan zikir secara rutin dan batshul kutub. Banyak perubahan yang terjadi seperti yang malas baca Al-Qur’an sekarang jadi rajin, lalu dalam dirinya seperti berperilaku sopan santun, selalu menggunakan bahasa atau tutur kata yang baik dan menghindari pergaulan atau perkataan yang buruk. Maka peneliti simpulkan bahwasannya pendidikan akhlak sangat penting dilakukan agar mereka selalu berada dalam keimanan dan agar bisa hidup sesuai dengan ajaran agama Islam yang di landasi dengan Al-Qur’an dan Hadist.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pembiasaan Zikir; Akhlakul Karimah; Santri;
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Amin Abdul Amin Abdul Basir Amin abdul Basir
Date Deposited: 31 Oct 2023 05:21
Last Modified: 31 Oct 2023 05:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81168

Actions (login required)

View Item View Item