Pengaruh Zikir setelah Salat Duha terhadap kenakalan remaja : Studi analisis siswa kelas XI MTS Al-Ishlah Jelegong Rancaekek

Febriyanti, Isma (2023) Pengaruh Zikir setelah Salat Duha terhadap kenakalan remaja : Studi analisis siswa kelas XI MTS Al-Ishlah Jelegong Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V. .pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)

Abstract

Di MTS Al-Ishlah Jelegong Rancaekek, aktivitas keagamaan adalah suatu aspek yang sangat penting. Sebagai contoh, zikir yang dilakukan setelah salat duha adalah wujud dari kebutuhan batin seorang hamba kepada Tuhan mereka, tanpa adanya unsur tekanan. Meskipun demikian, terkadang keterbatasan hanya pada zikir setelah salat duha dapat menyebabkan perilaku yang tidak selaras dengan nilai-nilai yang seharusnya dijunjung, seperti melukai perasaan orang lain, berbicara buruk tentang sesama, kurangnya kesadaran terhadap diri sendiri, individu lainnya, dan lingkungan di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses pelaksanaan zikir setelah salat duha oleh siswa, pola perilaku sehari-hari mereka, serta dampak dari pelaksanaan zikir tersebut terhadap perilaku kenakalan remaja di MTS Al-Ishlah Jelegong Rancaekek Kabupaten Bandung. Peneliti berharap bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya melaksanakan zikir setelah salat duha dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sebagai alat untuk merenungkan diri dan sebagai upaya untuk memperbaiki perilaku di masa depan. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik, yang diperinci melalui metode deskriptif. Tahap awal penelitian dimulai dengan observasi di MTS Al-Ishlah Jelegong Rancaekek Bandung. Selanjutnya, dilakukan wawancara dengan kepala sekolah sekolah tersebut untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci. Selanjutnya, data dikumpulkan melalui penggunaan kuisioner (angket) dan dianalisis dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 26 untuk mengubahnya menjadi data numerik. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui kriteria uji yaitu jika t hitung > t tabel maka terdapat adanya pengaruh zikir setelah salat duha terhadap kenakalan remaja. ttabel yang sudah ditentukan adalah df = n-2. Oleh sebab itu, n = 53, maka df 53 – 2 = 51. Dengan ∝ = 0,05 yaitu ttabel = 2,008 maka dari tabel tersebut dapat dilihat bahwa besaran thitung = 2.611 sehingga didapati 2.611 > 2,008. Selain itu juga bahwa signifikansinya adalah 0,113 < 0,05 sehingga H0 ditolak sedangkan Ha diterima, berarti variabel zikir setelah salat duha (x) memiliki pengaruh terhadap variabel kenakalan remaja (y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zikir Setelah Salat Duha; Kenakalan Remaja; Siswa IX
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Isma Febriyanti
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:24
Last Modified: 31 Oct 2023 04:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81171

Actions (login required)

View Item View Item