Pengembangan media E-learning berbasis blogspot untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi : Penelitian pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikakak

Ajat, Ajat (2023) Pengembangan media E-learning berbasis blogspot untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi : Penelitian pada peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Cikakak. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan media E-learning berbasis Blogspot untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media E-learning berbasis Blogspot, keterlaksanaan pembelajaran model problem based learning (PBL), peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan respon peserta didik setelah diterapkannya media E-learning berbasis Blogspot pada pembelajaran. Pendekatan penelitian ini menggunakan kombinasi (mix method) dari pendekatan kualitatif1 dan pendekatan1 kuantitatif. Metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model yang digunakan berupa pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluations). Sampel penelitian yang digunakan kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Cikakak sebanyak 34 peserta didik. Berdasarkan analisis penelitian menghasilkan 1) kelayakan media E-learning berbasis Blogspot mendapatkan persentase rata-rata 93% dengan kategori layak digunakan; 2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media E-learning berbasis Blogspot pada materi gelombang bunyi dengan strategi Authentic Assesment Based on Teaching and Learning Trajectory (AABTLT) with Student Activity Sheet (SAS) mendapatkan persentase rata-rata 80,58 dengan kategori efektif; 3) peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan media E-learning berbasis Blogspot memperoleh nilai n-gain sebesar 0,58 dengan kategori sedang; 4) respon peserta didik terhadap penggunaan media E-learning berbasis Blogspot mendapatkan persentase rata-rata 76,91 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Gelombang Bunyi; Keterampilan Berpikir Kritis; Media E-learning Berbasis Blogspot;
Subjects: Education
Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ajat [Ajat]
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:22
Last Modified: 01 Nov 2023 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81208

Actions (login required)

View Item View Item