Hubungan karakteristik budaya organisasi dengan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut

Al-Fiqri, As'ari Muhamad (2023) Hubungan karakteristik budaya organisasi dengan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Budaya organisasi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, masih terdapat bagian dari indikator yang belum terlaksana, artinya ini menjadi masalah apabila tidak adanya perubahan yang efektif, masih ada pendidik dan tenaga kependidikan yang dinilai kurang dalam menciptakan budaya organisasi yang aktif dan kondusif, terkesan acuh dengan tugasnya. Semua dilakukan hanya sebatas untuk mengerjakan tugasnya tanpa memahami bahwa ada hal lain yang perlu dilakukan demi keberhasilan sebuah organisasi melalui pemahaman sasaran dan kebijakan organisasi itu sendiri. Organisasi yang selalu dalam keadaan kurang aktif, kondusif dan acuh dengan tugasnya, hal demikian akan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan karna bisa menurunkan semangat kerja, hasil yang dicapai tetap sama atau tidak terjadi peningkatan serta lebih parahnya menurunkan hasil yang akan dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Karakteristik Budaya Organisasi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut; (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana Kinerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut; (3) Untuk menganalisis bagaimana Hubungan Karakteristik Budaya Organisasi Dengan Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden. Adapun Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui tahapan uji instrument (validitas, reabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji normalitas data, uji lineritas dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa korelasi antara variabel X dan variabel Y, maka diperoleh angka koefiesien korelasi sebesar 0,936, termasuk dalam kategori 0,81-099 artinya terdapat hubungan sangat kuat. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara karakteristik budaya organisasi dengan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikan karakteristik budaya organisasi dengan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan diperoleh 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan uji korelasi bernilai positif yang berarti jika karakteristik budaya organisasi semakin ditingkatkan maka kinerja pendidik dan tenaga kependidikan akan meningkat. Adapun kontribusi variabel X dengan Variabel Y sebesar 87,5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Budaya organisasi; kinerja pendidik; tenaga kependidikan
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: As'ari As'ari Muhamad Al-Fiqri
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:28
Last Modified: 02 Nov 2023 01:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81209

Actions (login required)

View Item View Item