Pengembangan Desa Wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam memperkecil angka Urbanisasi : Studi deskriptif di wilayah Hutan Konservasi Dusun Cihantap Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang

Fachri, Afif Muhammad (2022) Pengembangan Desa Wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam memperkecil angka Urbanisasi : Studi deskriptif di wilayah Hutan Konservasi Dusun Cihantap Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Desa wisata merupakan suatu desa yang memiliki potensi dalam bidang pariwisata, yang bisa dikembangkan untuk memberikan kontribusi yang baik bagi masyarakat itu sendiri, mulai dari membangun perekonomian dan meningkatkan kontribusi masyarakat dalam mengelola desa wisata, dalam membangun desa wisata tentunya harus menyentuh beberapa aspek didesa tersebut untuk proses pengembangan serta komitmen pemerintah dan aparat desa, tookoh masyarakat, pemuda desa dan masyrakat secara umum. Potensi alam yang ada di Desa Cihantap yang varian masih benar-benar belum terkelola dengan baik. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengembangan desa wisata melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat dalam memperkecil angka urbanisasi didapatkan adalah mampu menyuguhkan tradisi, budaya, lingkungan, dan aktivitas yang belum tentu dimiliki desa lain. Artinya, sebuah tatanan kehidupan sosial masyarakat setidaknya memberi harapan bahwa aspek kepariwisataan yang dibangun dan dikembangkan tidak lepas dari pola kehidupan mereka. Bagaimanapun tidak hanya manusia, namun hewan dan tumbuhan juga membutuhkan tempat tinggal yang layak. Menjaga alam dan merawat dengan baik juga menjaga kelangsungan hidup seluruh ekosistem. Secara umum maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan Desa Wisata yang dilakukan masyarakat di Desa Cihantap tersebut dapat memajukan potensi desa, sehingga dapat mengurangi tingkat urbanisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Pemberdayaan; Urbanisasi
Subjects: Communities
Communities > Villages
General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afif muhammad Fachri
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:36
Last Modified: 01 Nov 2023 06:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81228

Actions (login required)

View Item View Item