Manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan Sekolah Sehat dan Unggul : Penelitian di SD Islam Al Amanah Kab. Bandung dan SD Plus Bakti Nusantara 666

Nurjaman, Asep Rudi (2023) Manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan Sekolah Sehat dan Unggul : Penelitian di SD Islam Al Amanah Kab. Bandung dan SD Plus Bakti Nusantara 666. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
1. Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Isi)
2. Daftar Isi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (Daftar Pustaka)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah harus dikelola dengan baik oleh semua pihak yang berkepentingan untuk memajukan dunia pendidikan. Permasalahan yang terjadi sampai saat ini sekolah yang serius memperhatikan kesehatan, kebersihan dan kenyamanan lingkungan sekolah sebagai tempat belajar belum maksimal dan relatif sedikit. Dari permasalahan tersebut, kepala sekolah, guru dan orangtua murid diharapkan mampu mengembangkan program pendidikan dalam mewujudkan sekolah sehat dan unggul. Alasannya, sekolah sehat dan unggul bukan hanya selaras dengan tujuan pendidikan Nasional namun juga selaras dengan nilai ajaran agama Islam. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi program yang dikembangkan dalam pendidikan karakter, pelaksanaan program pendidikan karakter, evaluasi, faktor penunjang dan penghambat implementasi manajemen pendidikan karakter dalam mewujudkan sekolah sehat dan unggul, serta bagaimana dampak implementasi manajemen pendidikan karkater dalam mewujudkan sekolah sehat dan unggul di sekolah. Kerangka berpikir menggunakan pendekatan sistem terbuka, yakni: input, proses pengembangan program cinta kebersihan dan peduli lingkungan serta output/outcome. Paradigma penelitian dibangun menggunakan grand theory manajemen, manajemen pendidikan karakter, dan sekolah sehat serta unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif komparatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tempat penelitian ini terdiri atas dua sekolah yang berbeda tetapi sama sama sedang mengembangkan model sekolah sehat dan unggul yakni, Sekolah Dasar Islam Al Amanah Kabupaten Bandung dan Sekolah Dasar Plus Bakti Nusantara 666 Kabupaten Bandung dengan latar belakang dan program yang dikembangkan yang berbeda. Subyek penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data terdiri-dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi, sedangkan analisis data penelitian terdiri-dari reduksi, penyajian data dan pemaparan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) program yang dikembangkan dalam pendidikan karakter cinta kebersihan dan peduli lingkugan antara lain: eduksi/sosialisasi, pembiasaan, peneladanan dan pengolahan serta pemanfaatan sampah di sekolah 2) pelaksanan program melalui cara antara lain: pelaksanaan edukasi/sosialisasi, pelaksanaan pembiasaan, pelaksanaan peneladanan dan pelaksanaan pengelolaan serta pemanfaatan sampah 3) evaluasi program dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu: jangak pendek, jangka menengah dan jangka panjang 4) faktor penunjang dan penghambat yaitu, faktor internal dan eksternal 5) dampak implementasi manajemen pendidikan karakter cinta kebersihan dan peduli lingkungan berdampak terhadap terwujudnya sekolah sehat dan unggul.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendidikan Karkater; Sekolah Sehat dan Unggul ;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
General Management
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurjaman Asep Rudi
Date Deposited: 01 Nov 2023 01:26
Last Modified: 07 Nov 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81267

Actions (login required)

View Item View Item