Akun Tiktok @irfanrizkihaas dalam menyebarkan konten motivasi Islami bagi masyarakat Milenial: Studi deskriptif pada akun tiktok @irfanrizkihaas

Ramadhan, Arif (2023) Akun Tiktok @irfanrizkihaas dalam menyebarkan konten motivasi Islami bagi masyarakat Milenial: Studi deskriptif pada akun tiktok @irfanrizkihaas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy

Abstract

Semakin beragam dan berkembangnya media sosial tentu membawa banyak pengaruh untuk masyarakat, tak terkecuali dengan dakwah. Kecenderungan masyarakat milenial yang terbiasa dengan gadget setiap waktunya, mengakses banyak hal dengan mudah melalui media sosial tentu saja dapat membawa pengaruh positif maupun negatif. Maka dari itu, akun TikTok @irfanrizkihaas hadir untuk menjawab segala keresahan tersebut. Konten motivasi islam yang di bawakan dengan mengikuti trend dan perkembangan jaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penyebaran konten motivasi islami oleh akun TikTok @Irfanrizkihaas, kemudian untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan TikTok tersebut. Lalu, menilik secara betul bagaimana pengelolaan, pengoptimalan, keterlibatan dan tingkat share pada akun TikTok @irfanrizkihaas. Penelitian ini menggunakan teori model komunikasi lasswel. Menyebutkan proses komunikasi massa sebagai proses siapa yang berbicara, kepada siapa, melalui kanal apa, dan dengan dampak apa.Menggunakan teori media sosial The circular model of some teori tentang peran dan pengaruh media sosial di masyarakat. Dan yang terakhir adalah teori strategi komunikasi Mohr dan Nevin yang mempunyai 4 komponen penting yaitu komunikator, pesan, media komunikasi dan khalayak. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang di lakukan adalah kualitatif dengan alasan penelitian ini mengutamakan makna dan objek ilmiah itu sendiri yaitu akun TikTok @irfanrizkihaas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi yang berikutnya akan dikumpulkan untuk data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah Ustadz Irfan selaku komunikator sekaligus pemilik akun TikTok @irfanrizkihaas mampu memberikan pesan atau materi dakwah berupa konten motivasi islami yang di sampaikan kepada objek dakwahnya menggunakan media TikTok yang dimana segmentasi pengguna pada platform TikTok adalah masyarakat milenial. Selain itu Ustadz Irfan memanfaatkan flatform TikTok ini dengan sangat baik, terbukti dengan semakin banyaknya viewers di setiap postingannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Milenial; Motivasi; Tiktok;
Subjects: Islam > Da'wah
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arif ramadhan Arif
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:05
Last Modified: 01 Nov 2023 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81274

Actions (login required)

View Item View Item