Amsal al-Qur'an dalam surat Al-Baqarah dan Yusuf : Studi analisa penafsiran amṡal dalam tafsir Al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili

Fithori, Muhammad Yusuf Hilmi (2023) Amsal al-Qur'an dalam surat Al-Baqarah dan Yusuf : Studi analisa penafsiran amṡal dalam tafsir Al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Muhammad Yusuf Hilmi Fithori, 1191030120, 2023 : Amṡal Al-Qurān Dalam Surat Al-Baqarah dan Yusuf (Studi Analisa Penafsiran Amṡal dalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah az-Zuhaili).Tulisan ini mencoba untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang ayat-ayat Amṡalyang ada dalam Al-Qurān khususnya dalam surat Al-Baqarah dan Yusuf merujuk kepada tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili. Al-Qurān di hiasi makna-makna yang melebihkan kitab kita atas kitab-kitab lain dengan komposisi susunan terhadap setiap kata yang mengagumkan, deskripsinya yang luar biasa, dan susunannya yang menakjubkan yang membuat para orator tidak mampu menyusun satu surah yang sepertinya dan para ahlibalaaghahsekalipun tidak sanggup mendeskripsikan secara komprehensif. Maka dari itu pentingnya mengkaji ayat-ayat-ayat Al-Qurān untuk setidaknya memberikan gambaran sebenarnya pesan yang di sampaikan oleh Al-Qurān.Oleh sebab itu maka tulisan ini di fokuskan untuk menjawab rumusan masalah berikut ini: BagaimanaAmṡal Surat Al-Baqarahdalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah az-Zuhaili?, dan Bagaimana Amṡal Surat Yusuf dalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah az-Zuhaili?. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Alquran membicarakan ayat-ayat Amṡaldi surat Al-Baqarah dan Yusuf dalam Tafsir Al-Munir Karya Wahbah az-Zuhaili. Kajian pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan dan menganalisa data berkaitan dengan Amṡal surat Al-Baqarah dan Yusuf Tafsir Al-Munir Karya Wahbah az-Zuhaili melalui riset kepustakaan (library research) dan disajikan secara analisis-deskriptif. Jenis penelitiannya adalah data yang bersifat kualitatif. Langkah-langkah dalam penelitian ini yaitu, pertama menguraikan secara jelas teori ams\a>l al-Qur’an dan teori balaghah, kedua menentukan ayat-ayat yang mengandung ams\a>l dalam al-Qur’an dengan analisa ams\a>l al-Qur’an, dan yang ketiga menganalisis penafsiran Wahbah al-Zuhaili> tentang ams\a>l al-Qur’an.Amṡal dalam al-qurān itu menunjukkan makna dalam bentuk (perkataan) yang menarik dan padat serta mempunyai pengaruh yang mendalam terhadap jiwa baik berupa tasybih ataupun perkataan bebas.Ayat-ayat perumpamaan sangat efektif dalam menggugah jiwa dan membuka pikiran kita. Mengenai keanekaragaman amtsal dalam Al-Qur’an, Amṡal tersebut menjadi tiga bagian, yaitu Amṡalmusarrahah, Amṡalkaminah, dan Amṡalmursalah.Surat Al-Baqarah keseluruhan mengandung banyak perumpamaan dalam ayat nya, dan menyakup berbagai permasalahan seperti akidah, akhlak, kisah, hukum, maupun ibadah. Wahbah az-Zuhaili dalam mengungkapkan ayat-ayat perumpaan dalam tafsir al-Munir khsusnya surat al-Baqarah dan surat Yusuf tersebut menyebutkan sesuatu yang sesuai dengan keadaan yang sedang dibicarakan sehingga tampak kebagusan atau keburukannya yang sebelumnya samar-samar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Amṡal; Al-Qurān; Tafsir
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: M Yusuf Hilmi Fithori
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:53
Last Modified: 01 Nov 2023 06:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81288

Actions (login required)

View Item View Item