Hubungan aktivitas siswa mengikusi Organisasi Siswa Intra Sekolah dengan sifat kepemimpinan mereka di sekolah : Penelitian terhadap pengurus OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat

Alfian, Ridwan (2023) Hubungan aktivitas siswa mengikusi Organisasi Siswa Intra Sekolah dengan sifat kepemimpinan mereka di sekolah : Penelitian terhadap pengurus OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan bahwa sebagian siswa yang aktif dalam kepengurusan OSIS memiliki sifat kepemimpinan yang kuat, ditunjukkan ketika mereka melakukan aktivitas di sekolah dengan cara mentaati peraturan sekolah dan bertanggung jawab dalam menjalankan setiap tugasnya. Hal ini sesuai dengan apa yang menjadi tujuan OSIS, yaitu untuk membentuk sifat kepemimpinan siswa. Namun sebagian siswa yang mengikuti OSIS pada kenyataanya ada yang tidak memiliki sifat kepemimpinan di sekolah dengan kuat, ditunjukkan dengan mereka yang kurang mentaati peraturan sekolah dan tidak bertanggung jawab dalam menjalankan setiap tugasnya. Tujuan pelnellitian ini untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa mengikuti OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. 2) Sifat kepemimpinan siswa yang mengikuti OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti OSIS dengan sifat kepemimpinan mereka di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini berdasarkan pada pendapat Wahyosumidjo bahwa OSIS me|rupakan suatu wadah organisasi siswa intra se|kolah yang disediakan untuk me|mbina dan membentuk sifat kepemimpinan para siswa. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivititas siswa mengikuti OSIS, maka semakin kuat pula sifat kepemimpinan mereka ketika di sekolah. Penelitian ini melnggunakan pelndelkatan kuantitatif dengan meltode korelasional. Respondennya yaitu siswa yang mengikuti OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Alisis data menggunakan analisis parsial dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengikuti OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat berkategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 3,10 yang berada pada inteval 2,50-3,50. 2) Sifat kepemimpinan siswa yang mengikuti OSIS di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat belrkategori kuat dengan nilai rata-rata sebesar 3,56 yang berada pada interval 3,50-4,50. 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti OSIS dengan sifat kepemimpinan mereka di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat, adalah: (a) Koefisien korelasi termasuk pada kategori sedang dan memiliki arah hubungan yang positif. Dengan nilai signifikansi 0,01 dimana 0,01 < 0,05 artinya terdapat korelasi dan memiliki derajat hubungan 0,528 dengan berada pada kategori nilai pearson correlation 0,41-0,60. (b) Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung (=2,783) > ttbel (=2,085). Maka, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara aktivitas Siswa mengikuti OSIS dengan sifat kepemimpinan mereka di MA Ar-Rahman Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Siswa; Aktivitas; Kepemimpinan
Subjects: Islam
Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ridwan Alfian Alfian
Date Deposited: 01 Nov 2023 07:23
Last Modified: 07 Nov 2023 02:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81305

Actions (login required)

View Item View Item