Faktor-faktor penetapan pelaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah di Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung

Karomah, Ema (1999) Faktor-faktor penetapan pelaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah di Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan sebagai titik awal pembentukan keluarga baru, mengingat tujuannya yang sangat mulia yaitu untuk membentuk keluarga sakinah, yaitu keluarga yang harmonis. bahagia dan sejahtera lahir batin, hidup tenang, tentram, damai dan penuh kasih sayang. Maka sebelum pelaksanaannva diperlukan adanya perencanaan dan persiapan yang matang yang termasuk di daiamnya adalah penentuan waktu peiaksanaan perkawinan yang tepat. Hal tersebut dilakukan oleh masyarakat Desa Cipatat, dan kebanyakan dari mereka menetapkan pada Bulan Dzulhijjah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetanui kondisi objektif perkawinan, latar beiakang adanya penetapan pelaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah dan dasar hukum penetapan peiaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah di Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung. Penelitian ini bertolak dari pandangan Islam bahwa, pada dasarnva Islam tidak pernah mengajarkan tentang hari baik dan hari siai untuk melangsungkan perkawinan. Setiap muslim wajib ikhtiar dalam bentuk pertimbangan pikiran yang maksimal dalam mencapai tujuan, tetapi jangan dikaitkan dengan hal-hal yang tidak diajarkan ola'n agama atau sesuatu yang tidak dapat diterima oleh akal pikiran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif, sedangkan tehnik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dan para responden diambii dengan cara sampel acak yang berjumiah 30 pasangan dari populasi yang berjumlah 118 pasangan suami istri yang menikah pada Bulan Dzulhijjah di Desa Cipatat. Kenyataan yang diperoleh dari hasil peneiitian, bahwa faktor-faktor adanya penetapan pelaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah di Desa Cipatat adalah faktor ekonomi, faktor kebiasaan, faktor psikologi dan faktor kepercayaan. Adapun dasar hukum yang dipergunakan adalah Qaidah fiqhiyah yang menyatakan bahwa "Asa! dalam segaia sesuatu adalah boleh sehingga aaa dalil yang mengharamkannya'’. Dari hasil peneiitian ini dapat diambii kesimpuian bahwa, penetapan pelaksanaan perkawinan pada Bulan Dzulhijjah merupakan adat kebiasaan yang telah membudaya pada masyarakat Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung. Hal ini dibuktikan dengan alasan karena faktor kebiasaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:25
Last Modified: 02 Nov 2023 02:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81310

Actions (login required)

View Item View Item