Konsep cinta Gen-Z perspektif Jalaluddin Rumi : Studi penelitian mahasiswa aqidah dan filsafat Islam angkatan 2019 kelas a dan b

Sidiq, Muchamad Jafar (2023) Konsep cinta Gen-Z perspektif Jalaluddin Rumi : Studi penelitian mahasiswa aqidah dan filsafat Islam angkatan 2019 kelas a dan b. Sarjana thesis, Fakultas Ushuluddin : Program Studi Aqidah Filsafat.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover-1.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak (1).pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi-1.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I-1.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal.stiema.ac.id/index.php/ana/articel/...

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami konsep cinta generasi Z dalam perspektif jalaludin Rumi. Konsep cinta generasi Z apabila dipengaruh leh teknologi dan perubahan sosial yang membawa pergeseran pandangan tentang cinta dalam kalangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa-I Aqidah dan Filsafat Islam. Sedangkan, sumber sekunder dalam penelitian ini adalah buku fihi ma fihi dan The Art of Loving dari Erich Fromm. Selain itu, peneliti juga menggunakan hasil wawancara, observasi dan beberapa penelitian skripsi atau artikel ilmiah dari peneliti sebelumnya. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini adalah konsep cinta mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, terutama di kalangan Generasi Z. Masa lalu mencirikan cinta sebagai aspek romantis dan pernikahan yang menjadi norma sosial, tetapi generasi muda ini mengalami perluasan pandangan mengenai cinta. Pengaruh globalisasi dan teknologi informasi memainkan peran utama dalam mengubah pandangan cinta Generasi Z. Dalam pandangan Rumi, cinta bukan sekadar perasaan romantis, tetapi juga merupakan sarana untuk mencapai kedekatan dengan Yang Maha Kuasa dan sesama manusia. Ajaran Rumi mengajarkan tentang kebijaksanaan cinta, yakni cinta yang tidak hanya berpusat pada diri sendiri tetapi juga mencakup perhatian dan kasih sayang kepada orang lain. Temuan dalam penelitian ini adalah Generasi Z menemukan relevansi dengan pemikiran Rumi dalam menghadapi konflik dan kompleksitas hubungan di era modern. Pemikiran Rumi membantu mereka merenungkan tentang arti cinta yang sejati dan bagaimana cinta dapat membawa pengaruh positif dalam menciptakan hubungan yang lebih baik dengan sesama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cinta; Gen-Z; Jalaluddin Rumi
Subjects: Ethics, Moral Philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Aqidah Filsafat
Depositing User: Jafar Sidiq Muchamad
Date Deposited: 02 Nov 2023 04:19
Last Modified: 02 Nov 2023 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81330

Actions (login required)

View Item View Item