Pemberdayaan masyarakat dalam ketahanan pangan dengan Budidaya Hidroponik dan Polybag : Studi komunitas Wallagri, Kelurahan Pasanggrahan, Ujung Berung, Bandung

Nabila, Diana Ayu (2023) Pemberdayaan masyarakat dalam ketahanan pangan dengan Budidaya Hidroponik dan Polybag : Studi komunitas Wallagri, Kelurahan Pasanggrahan, Ujung Berung, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk menyebabkan bertambahnya kebutuhan masyarakat akan lahan huni, sehingga pada akhirnya alih fungsi lahan menjadi marak dilakukan. Oleh karena itu lahan pertanian yang ada menjadi semakin terbatas dan mengakibatkan penurunan angka ketahanan pangan di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, permasalahan ini akan terus bertambah sejalan dengan bertambahnya kebutuhan lahan huni dan juga lahan pertanian. Oleh karena itu diperlukan pemberdayaan masyarakat yang berfokus pada pemanfaatan lahan dan ketahanan pangan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perihal program budidaya hidroponik dan polybag, proses pelaksanaan program hingga hasil dari program budidaya hidroponik dan polybag dalam upaya penguatan ketahanan pangan di RW 09 Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemberdayaan menurut Jim Ife, dimana pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk memandirikan masyarakat dengan modal berupa potensi yang dimiliki setiap individu maupun kelompok untuk meningkatkan kesejahteraan individu, kelompok, dan negara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya ialah Organisasi Wallagri Center. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks pemberdayaan masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian pemberdayaan masyarakat melalui program program budidaya hidroponik dan polybag diketahui bahwa: pertama, pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dilakukan melalui pendekatan sosialisasi program kepada masyarakat. Kedua, proses implementasi pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dengan diskusi bertajuk ririungan, pengkajian potensi, pelatihan fasilitator, sosialisasi program, dan pendampingan program. Ketiga, keberhasilan dalam meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga ini dengan hasil panen yang berkualitas dan minim gagal serta proses budidaya yang terus berkelanjutan sehingga ketersediaan sayur mayur dengan kualitas baik dengan harga terjangkau dapat terjamin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Budidaya Hidroponik; Budidaya Polybag; Ketahanan Pangan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Process
Social Groups
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diana Ayu Nabila
Date Deposited: 06 Nov 2023 04:34
Last Modified: 06 Nov 2023 04:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81341

Actions (login required)

View Item View Item