Pengembangan media Flashcard berbasis Augmented Reality dengan aplikasi Assemblr EDU untuk meningkatkan penalaran matematis siswa

Waliyatusshofiyyah, Syifa (2023) Pengembangan media Flashcard berbasis Augmented Reality dengan aplikasi Assemblr EDU untuk meningkatkan penalaran matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (857kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)

Abstract

Media pembelajaran sangat penting dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika yang abstrak. Namun sebagian siswa dan pendidik belum terbiasa menggunakan media pembelajaran matematika secara digital sehingga kurang fokus dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality dengan aplikasi assemblr edu untuk meningkatkan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Sumber data diperoleh dari validator materi, validator media, siswa kelas VIII A dan VIII C SMP Karya Budi Cileunyi Kab. Bandung. Analisis data untuk pengembangan flashcard berbasis augmented reality mendapatkan kriteria layak dari ahli materi 1 dan ahli materi 2 serta mendapatkan kriteria cukup dari ahli media, memiliki efektivitas sedang dalam peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality dengan aplikasi assemblr edu layak digunakan dalam proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, dan mendapatkan tanggapan yang baik dari guru dan siswa. Media pembelajaran flashcard berbasis augmented reality dengan aplikasi assemblr edu memfasilitasi proses konstruksi, interaksi dan refleksi sehingga mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Assemblr EDU; Augmented reality; Flashcard; Penalaran Matematis
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Waliyatussofiyyah
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:12
Last Modified: 02 Nov 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81399

Actions (login required)

View Item View Item