Kepemimpinan generasi muda melalui mekanisme forum remaja 21: Kasus di Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung

Hermansyah, Iwan (2001) Kepemimpinan generasi muda melalui mekanisme forum remaja 21: Kasus di Desa Bojongkunci Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB)

Abstract

Forum Remaja 21 berdiri dalam situasi dan kondisi masyarakat yang kurang kondusif bagi perkembangan generasi muda yang berada di Desa Bojongkunci dan daerah-daerah sekitamya. Keberadan organisasi kepemudaan ini salah satu upaya preventif serta rehabilitatif terhadap berbagai kenakalan remaja, peianggaran-pelanggaran norma masyarakat dan hukum agama. Juga berupaya untuk mengembangkan dan mengarahkan potensi-potensi generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana iarar belakang berdirinya Forum Remaja 21, proses serta pengangkatan kepemimpinannya, tujuan yang hendak dicapai dan mekanisme kepemimpinan Forum Remaja 21 daiam membina generasi muda menurut tinjauan Siyasah Dutsuriyah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu memberikan gambaran mengenai Forum Remaja 21, dari mulai larar belakang berdirinya, tujuan yang hendak dicapai, proses pembentukan serta pengangkatan kepemimpinann hingga mekanisme kepemimpinannya. Gambaran tersebut diambii dari data-data yang terkumpul, baik dari hasil wawancara, dokumen-dokumen, majalah maupun buku-buku Forum Remaja 21. Dan menggunakan pula metode analisis, yaitu memberikan analisa terhadap data yang di dapat dengan tinjauan Siyasah Dutsuriyah. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa keberadaan Forum Remaja 21 dan mekanisme kepemimpinannya sudah relevan dengan Siyasah Dutsuriyah. Relevansi tersebut mengacu paaa pertimbangan prinsip-prinsip kemasyarakatan, prinsip musyawarah, metode Ahlul Halli wal Aqdi , metode Waliyul Ahdi, kemaslahatan, kaidah fiqh dan nilai-nilai Islam dalam Al-Qur'an dan as Sunnah. Namun disarrping adanya relevansi tersebut, ada juga hal-hal yang tidak tersentuh, misalnya dalam masalah kriteria Ketua Umum dan adanya kebijakan yang kurang efektif mengenai rangkap jabatan. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat aisimpulkan bahwa Forum Remaja 21 paaa prinsipnya daiam mengembangkan dan mengarahkan potensi-potensi generasi muda sudah cukup berhasil. Juga keberadaan dan mekanisme kepemimpinannya sudah relevan dengan prinsip-prinsip Siyasah Dutsuriyah, walaupun disisi lain masih ada hal yang kurang dan tidak tersentuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Generasai Muda; Forum Remaja 21
Subjects: Social Process > Leadership
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 02 Nov 2023 08:03
Last Modified: 22 Nov 2023 02:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81420

Actions (login required)

View Item View Item