Peranan koperasi kredit bina usaha dalam memberikan modal pinjaman guna meningkatkan kesejahteraan anggota di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung

Purnama, Ade (1997) Peranan koperasi kredit bina usaha dalam memberikan modal pinjaman guna meningkatkan kesejahteraan anggota di Kecamatan Sukajadi Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

Koperasi Kredit Bina Usaha Kecamatan Sukajadi Kota Bandung berdiri pada tahun 1991. Sesuai dengan nama yang diberikan, koperasi ini berberak dalam bidang simpan pinjam. Dari tahun ke tahun, jumlah anggota terus meningkat, dpmikian pula jumlah anggota yang mengajukan permohonan pinjaman modal terus meningkat. Akan tetapi, pertambahan modal kperasi lebih lambat dari jumlah permohonan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mekanisme pemberian pinjaman modal oleh Koperasi Kredit Bina Usaha Sukajadi kepada para anggotanya, (2) faktor penghambat dalam pemberian pinjaman tersebut, dan (3) dampak pemberian pinjaman modal terhadap kesejahteraan para anggota. Asumsi yang mendasari penelitian ini adalah bahwa mekanisme pemberian pinjaman modal dalam koperasi kepada para anggotanya harus dilakukan sesederhana mungkin tetapi harus dapat menjamin tidak akan teijadinya penyelewengan. Kemudian, pemberian pinjaman modal kepada para anggota koperasi pada dasamya adalah untuk membantu kelancaran usaha para anggota, sehingga kesejahteraan mereka dan keluarganya meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yang bertujuan menggambarkan mekanisme, faktor penghambat dan dampak pemberian pinjaman modal terhadap kesejahteraan para anggota koperasi. Sumber data primemya adalah, pengurus koperasi, dokumen yang dimiliki koperasi, dan 40 orang anggota koperasi. Sedangkan sumber data sekundemya adalah bagian bagian tertentu dari berbagai literatur yang berhubungan dengan masalah penelitian. Dari sumber primer data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, angket dan studi dokumentasi, sedangkan dari sumber sekunder data dikumpulkan dengan menggunakan teknik studi kepustakaan. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Mekanisme penyaluran pinjaman modal, melalui tahapan-tahapan pengisian formulir peminjaman, penyampaian permohonan, sekretaris menyampaikan permohonan pemohon kepada manajer, penyampaian informasi kepada pemohon tentang permohonannya, penandatangan dokumen (realisasi), dan pengambilan uang pinjaman dari bendahara koperasi, (2) Faktor penghambat pemberian pinjaman modal adalah kurang lancamya pengembalian cicilan dari sebagian kecil anggota dan terbatasnya modal yang dimiliki Koperasi, dan (3) Pemberian pinjaman modal oleh Koperasi Kredit Bina Usaha Sukajadi Bandung terhdap para anggotanya mempunyai dampak positif terhadap tingkat kesejahteraan mereka melalui naiknya pendapatan bersih dalam setiap bulan yang mencapai antara 20 % sampai 50 %. Dengan demikian upaya Koperasi Kredit ini telah sesuai dengan prinsip bermu’amalah dalam ajaran Islam untuk merealisasikan kemaslahatan umat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Cooperative
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 02 Nov 2023 06:58
Last Modified: 02 Nov 2023 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81447

Actions (login required)

View Item View Item