Pengaruh Istighosah terhadap perilaku Prososial Santri : Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Ummu Aiman Buntet Pesantren, Cirebon

Billah, Ahmad Arif (2023) Pengaruh Istighosah terhadap perilaku Prososial Santri : Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Ummu Aiman Buntet Pesantren, Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (246kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (307kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang untuk menyadari akan hubungan dua komponen penting dalam kehidupan yaitu hubungan manusia dengan Allah dan hubungan antar sesama manusia. Hubungan yang harmonis adalah hubungan yang baik maka hubungan manusia dengan Tuhannya dapat melalui ibadah-ibadah yang dilaksanakan setiap harinya dalam waktu yang lapang maupun sempit berupa ibadah mahdhoh maupun ibadah yang ghoiru mahdhoh, seperti melalui kegiatan istighosah. sedangkan hubungan antar sesama manusia agar tercipta lingkungan yang harmonis dengan senantiasa saling membantu, bertoleransi, dan saling menghargai. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat keterkaitan antara kegiatan istighosah dengan perilaku prososial pada santri Ummu Aiman Buntet Pesantren Cirebon. Dan mengetahui bagaimana proses pelaksanaan kegiatan istighosahnya Dalam upaya memperoleh data yang baik dan tersusun, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Dengan menggunakan Teknik pengumpulan data berupa observasi, penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi dan dalam pengolahan data, peneliti menggunakan beberapa uji yang telah dipilih yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji korelasi, uji determinasi, uji regresi dan uji hipotesis dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics versi 29 for windows dengan jumlah sampel sebanyak 56 responden santri. Peneliti juga menghitung rata-rata ideal dan standar deviasi untuk menentukan kecenderungan santri dalam mengikuti kegiatan istighosah dan perilaku prososial. Pelaksanaan kegiatan istighosah dimulai setelah melaksanakan sholat maghrib berjamaah di masjid Raudhotul Qur’an kemudian para santri berkumpul di aula pesantren dan bersama-sama mengikuti kegiatan istighosah yang diawali dengan pembacaan tawasul, kemudian dilanjut dengan pembacaan dzikir-dzikir istighosah, asmaul husna, lalu dilanjut dengan pembacaan surah yaasiin dan sholawat kemudian ditutup dengan do’a. Dalam hasil uji koefisien determinasi R Square didapat sebesar 0,172 artinya pengaruh kegiatan istighosah terhadap perilaku prososial adalah sebesar 17,2%. Yang memiliki arti bahwa kegiatan istighosah memiliki pengaruh terhadap perilaku prososial santri sebesar 17,2% dan 82,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Berdasarkan pada uji hipotesis diatas maka H1 dinyatakan diterima karena memiliki nilai signifikansi 0,001 kurang dari 0,05 atau 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Istighosah; Perilaku Prososial; Pondok Pesantren; Santri;
Subjects: Public Worship and Other Practices
Religious Ethics
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahmad Arif Billah
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:38
Last Modified: 03 Nov 2023 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81464

Actions (login required)

View Item View Item