Fadilah, Syifa (2023) Pengembangan modul elektronik berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran modul elektronik berbasis canva menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan modul elektronik berbasis canva, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis canva, dan (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan modul elektronik berbasis canva. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah peserta didik SMA Darul Fatwa Sumedang kelas XI MIPA 1 sebanyak 34 orang. Teknik analisis data yang dilakukan adalah perhitungan skor lembar validasi media, perolehan skor lembar observasi, perolehan skor lembar kerja peserta didik, N-gain dan uji t. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) modul elektronik berbasis canva dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi elastisitas dengan koefisien validitas memperoleh nilai sebesar 1,00 dengan interpretasi sangat tinggi, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik berbasis canva untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas dikategorikan sangat baik dengan persentase yang diperoleh aktivitas guru sebesar 87,36% dan aktivitas peserta didik sebesar 86,78%, dan (3) penggunaan modul elektronik berbasis canva dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi elastisitas, dikategorikan sebagai peningkatan rata-rata sedang berdasarkan analisis N-gain dengan skor rata-rata 0,62 dan nilai signifikansi yang digunakan adalah 5% dengan nilai ttabel sebesar 2,03 dan perolehan nilai thitung sebesar 21,09 sehingga thitung>ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik yang signifikan setelah menggunakan modul elektronik berbasis canva.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Elektronik Berbasis Canva; Hasil Belajar Kognitif; Elastisitas |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Syifa Fadilah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 02:59 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 02:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81475 |
Actions (login required)
View Item |