Pendistribusian dana Zakat pada program Ciamis Peduli untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kabupaten Ciamis

Sumardani, Muhamad Dani (2023) Pendistribusian dana Zakat pada program Ciamis Peduli untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di BAZNAS Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abtrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy

Abstract

Zakat merupakan kewajiban yang Allah berikan kepada kaum muslimin. Zakat ialah salah satu ibadah yang tercakup dalam rukun Islam ketiga. Islam menjadikan instrument zakat agar adanya keseimbangan pendapatan di masyarakat. Didalam bidang ekonomi, Zakat bisa berperan untuk pencegahan terhadap penumpukan kekayaan pada segelintir orang saja dan mewajibkan orang kaya agar mendistribusikan harta kekayaannnya kepada sekelompok orang fakir dan miskin. Oleh karna itu, zakat juga berperan sebagai sumber dana yang potensial untuk mengentaskan kemiskinan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mekanisme pendistribusian dana zakat serta Upaya mengsejahterakan Masyarakat dalam program Ciamis Peduli pada bantuan rutilahu di Baznas Kabupaten Ciamis, Jika ditinjau dari teori Kesejahteraan Sosial. Di dalam teori Kesejahteraan Sosial Menurut Midgley. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan informan pada penerima bantuan di Baznas Kabupaten Ciamis. Hasil penelitian ini mekanisme pendisribusianya ialah baznas melakukan sosialisasi terlebih dahulu lalu melakukan kolaborasi dengan desa lalu pihak desa memberikan bantuan tersebut berupa bahan bangunan dan setelah selesai pihak desa memberi laporan hasil penyaluran bantuan kepada baznas. Lalu upaya yang di lakukan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat terutama penerima bantuan yang dimana penerima bantuan Program Ciamis Pedulis Khususnya Bantuan Rumah Tidak Layak Huni menerima peningkatan kesejahteraan dalam bentuk rumah yang layak untuk di jadikan tempat berlindung yang layak serta aman. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan kepada pihak Baznas dan Penerima bantuan, lalu melihat hasil pendistribusian Berdasarkan hasil penelitian terdapat enam informan sesuai dengan konsep penelitian yang hendak diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial; Pendistribusian; Zakat; Baznas
Subjects: Econmics
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhamad Dani Sumardani
Date Deposited: 03 Nov 2023 03:42
Last Modified: 03 Nov 2023 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81494

Actions (login required)

View Item View Item