Pengembangan modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Hermawan, Tyara (2023) Pengembangan modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan abad 21 yang perlu dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan menggunakan modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular, keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R&D dengan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan validasi ahli media, validasi ahli materi, lembar observasi, dan soal keterampilan berpikir kritis menurut Ennis. Materi yang digunakan yaitu kinematika gerak lurus. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas menurut Gregory, perhitungan lembar observasi, N-Gain, dan uji t. Modul elektronik yang dibuat menggunakan materi kinematika gerak lurus. Penelitian yang telah dilaksanakan memperoleh nilai kelayakan modul elektronik berbasis kodular berdasarkan validasi media dan validasi materi sebesar 78,85%, keterlaksanaan menggunakan lembar observasi memperoleh persentase rata-rata 88,01%, dan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular dalam pembelajaran dengan nilai n-gain sebesar 0,82 dengan kriteria sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: modul elektronik kinematika gerak lurus berbasis kodular; modul elektronik berbasis kodular; kodular; kinematika gerak lurus;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Physics
Physics > Philosophy of Physics
Physics > Research and Statistical Methods of Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Tyara Hermawan
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:22
Last Modified: 03 Nov 2023 06:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81502

Actions (login required)

View Item View Item