Distribusi dana hibah Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat (Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor)

Ridha, Teni (2002) Distribusi dana hibah Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat (Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (734kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)

Abstract

Krisis berkepanjangan yang terjadi pada sektor ekonomi, menyebabkan terjadinya kemunduran berbagai kegiatan ekonomi rakvat,terganggunya sistem produksi, distribusi dan konsumsi, sehingga menmgkatkan jumlah penduduk miskin di perkotaan. Kondisi ini nierupakan pemiasalahan yang cukup mengganggu tatananan kehidupan perekonomian rakyat.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui distribusi dana hibah Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat di Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor, faktor penunjang dan penghambat distribusi dana hibah P2KP melalui BKM.MM, serta tinjauan fiqh mu'amalah terhadap distribusi dana hibah P2KP melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat. Penelitian ini bertitik tolak dari landasan-landasan al-Quran dan al-Hadits yang menyangkut tentang pendistribusian, antara lain tentang pencegahan perputaran kekayaan yang hanya terbatas dikalangan orang-orang kaya saja, dan kewajiban untuk memelihara agama, jnva, harta dan keturunan dalam situasi kehidupan sesulit apapun.Penelitian ini inengacu kepada suatu kerangka ilmiah dengan menggunakan studi kasus, yaitu metode penelitian yang bersifat mendalam mengenai suatu unit sosial, dalam hal ini yakni masalah distribusi dana hibah Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat di Desa Cicadas. Adapun data-data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan (literature review).Proyek Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) bidang distribusi dana hibah melalui Badan Keswadayaan Masyarakat Maslahat Mufakat, merupakan suatu program pemerintah untuk menanggulangi persoalan kemiskinan, baik kemiskinan secara struktural maupun yang diakibatkan oleh krisis ekonomi, dengan membangun prasarana dan sarana dasar lingkungan yang memberikan dampak langsung kepada peningkatan produksi dan pendapatan masyarakat, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkwalitas. Pemerataan distribusi dan mewujudkan kesejahteraan hidup dalam masyarakat menurut tinjauan fiqh mu’amalah adalah untuk mendatangkan manfaat dan menghindari madharat, baik terhadap agama, jiwa, harta, maupun terhadap keturunan. Faktor penunjang distribusi adalah dukungan dari masyarakat dan pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan. Faktor penghambat distribusi adalah SDM rendah, sosialisasi program yang kurang, serta Kelompok Swadaya Masyarakat yang tidak amanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Dana Hibah; Maslahat Mufakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: ADMIN PKL
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:24
Last Modified: 11 Jan 2024 02:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81524

Actions (login required)

View Item View Item