Analisis putusan No.399/Pid.B/2019/PN.Idm terhadap sanksi pemenjaraan tindak pidana pembunuhan berencana dikaitkan dengan pasal 340 KUHP jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP

Rahmalia, Mega (2023) Analisis putusan No.399/Pid.B/2019/PN.Idm terhadap sanksi pemenjaraan tindak pidana pembunuhan berencana dikaitkan dengan pasal 340 KUHP jo. pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari skripsi ini adalah penjatuhan pidana penjara 8 Tahun terhadap Terdakwa II Wardi bin Kaswa dalam putusan Pengadilan Negeri Indramayu register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm. Terdakwa dijerat Pasal 340 KUHP jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP karena dianggap telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pembunuhan berencana terhadap korban H. Carudin. Maka atas perbuatan tersebut, terdakwa dijatuhi pidana penjara 8 tahun, dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yang sebelumnya menuntut 12 (dua belas) tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sanksi pemenjaraan tindak pidana pembunuhan berencana putusan pengadilan negeri Indramayu register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm; dasar pertimbangan hukum hakim pada putusan pengadilan negeri Indramayu register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm terhadap tindak pidana pembunuhan berencana dikaitkan dengan Pasal 340 KUHP jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP, dan analisis putusan pengadilan negeri Indramayu register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm terhadap tindak pidana pembunuhan berencana dikaitkan dengan Pasal 340 KUHP jo. Pasal 55 Ayat (1) Ke-1 KUHP. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori relatif atau biasa dikenal sebagai teori tujuan (doeltheorien). Teori ini berprinsip bahwa suatu jenis pemidanaan haruslah didasarkan kepada hal-hal yang mampu memberikan rasa jera bagi pelaku sehingga dapat mencegah kejahatan tersebut terulang kembali. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, dengan pendekatan studi kasus dari Putusan Pengadilan Negeri Indramayu, pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan didukung studi Pustaka. Menggunakan jenis data kualitatif berupa analisis dokumen. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini disimpulkan, bahwa dalam perkara Putusan Pengadilan Negeri Indramayu Register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm.diputus selama 8 tahun oleh Majelis Hakim lebih rendah dibandingkan dengan Putusan Pengadilan Negeri Kepanjen Register Nomor.804/Pid.B/2014/PN.Kpn yang menangani kasus serupa pada putusan ini pelaku tindak pidana pembunuhan berencana diputus selama 15 tahun penjara. Melihat dari perbuatan yang sudah dilakukan yakni pembunuhan berencana, seharusnya para pelaku dihukum seberat-beratnya karena ini menyangkut hilangnya nyawa seseorang. Sehingga dengan hal ini Putusan Pengadilan Negeri Indramayu Register Nomor.399/Pid.B/2019/PN.Idm belum dapat memberikan efek jera terhadap pelaku tindak pidana pembunuhan berencana, yang mana kasus tersebut tergolong ke dalam kasus yang cukup berat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sanksi Pemenjaraan; Pembunuhan Berencana; Analisis Putusan
Subjects: Law
Law > Legal Systems
Criminology
Criminology > Murder
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Mega Rahmalia
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:34
Last Modified: 06 Nov 2023 03:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81538

Actions (login required)

View Item View Item