Pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap partisipasi orang tua murid dalam pembiayaan pendidikan : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung

Syam, Erlina Nurul (2023) Pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap partisipasi orang tua murid dalam pembiayaan pendidikan : Penelitian pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi (1).pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh akuntabilitas pengelolaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. (2) Mengetahui pengaruh transparansi pengelolaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. (3) Mengetahui pengaruh akuntabilitas dan transparansi pengelolaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap partisipasi orang tua dalam pembiayaan pendidikan pada Madrasah Aliyah Negeri Se-Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian ex post facto . Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 100 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis statistik, uji asumsi klasik (uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas), uji regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji t, uji f dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan perhitungan hipotesis dari pengolahan data di SPSS 26 maka diperoleh nilai t hitung 12,429 > 1,985 dan nilai signifikansi akuntabilitas (X1) terhadap partisipasi orang tua (Y) adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, artinya “terdapat pengaruh akuntabilitas terhadap partisipasi orang tua”. (2) Berdasarkan perhitungan hipotesis dari pengolahan data di SPSS 26 maka diperoleh nilai t hitung 4,040 > 1,985 dan nilai signifikansi transparansi (X2) terhadap partisipasi orang tua (Y) adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H2 diterima, artinya “terdapat pengaruh transparansi terhadap partisipasi orang tua”. (3) Berdasarkan perhitungan hipotesis dari pengolahan data di SPSS 26 maka diperoleh f hitung 83,543 > dari f tabel 3,090 dan nilai signifikansi untuk pengaruh akuntabilitas (X1) dan Transparansi (X2) terhadap partisipasi orang tua (Y) adalah sebesar 0,000 < 0,05. Hal tersebut membuktikan bahwa H0 ditolak dan H3 diterima, artinya terdapat pengaruh akuntabilitas (X1) dan transparansi (X2) terhadap partisipasi orang tua (Y) secara signifikansi. Hasil perhitungan uji regresi linier berganda bernilai positif yang berarti jika akuntabilitas dan transparansi meningkat maka partisipasi orang tua juga akan meningkat. Kemudian dari hasil uji koefisiensi determinasi diperoleh (R square) sebesar 0,633 yang berarti bahwa variabel akuntabilitas dan transparansi Pengelolaan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) terhadap Partisipasi Orang Tua murid dalam pembiayaan Pendidikan memiliki kontribusi sebesar 63,3%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas; Transparansi; Partisipasi
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Erlina Nurul Syam
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:25
Last Modified: 08 Nov 2023 03:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81562

Actions (login required)

View Item View Item