Pelatihan Public Speaking dalam meningkatkan Kemampuan Dakwah Santri melalui kegiatan Tarbiyatul Muballighin: Penelitian di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kecamatan Sukarapih Kabupaten Tasikmalaya

Nurulloh, Riva (2023) Pelatihan Public Speaking dalam meningkatkan Kemampuan Dakwah Santri melalui kegiatan Tarbiyatul Muballighin: Penelitian di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Kecamatan Sukarapih Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB 1.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman dan perdebatan dunia pemikiran ini membuat manusia memposisikan diri sebagai penjaga perubahan. Peran generasi dalam sosial kemasyarakatan membutuhkan bekal yang mendukung dirinya untuk beradaptasi dengan baik, bekal inilah yang nantinya akan membawa generasi tampil di depan publik dengan percaya diri untuk mengajak dan menginisiasi sebuah gerakan perubahan. Sosok santri yang tampil lebih percaya diri melalui dakwah santri dapat menunjukkan kualitasnya dalam menyampaikan ilmu pengetahuan, salah satunya dengan adanya Tarbiyatul Muballighin di Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan kegiatan Tarbiyatul Muballghin, strategi yang digunakan santri dalam mengembangkan kemampuan public speaking, dan dampak Tarbiyatul Muballighin terhadap kemampuan santri yang dilaksanakan di pondok pesantren Bahrul Ulum Kecamatan Sukarame Kabupaten Tasikmalaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Retorika dan Komunikasi Efektif yang dikemukakan oleh Aristoteles dan T. A lathief yang membahas tentang seni berbicara dan komunikasi yang berhasil mencapai tujuan dengan umpan balik yang positif, karena di Tarbiyatul Muballighin santri diharuskan berbicara di depan orang banyak denganpenguasaan materi, teknik, dan gaya bahasa yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan pengetahuan dasar yang berhubungan dengan teori Retorika dan Komunikasi yang Efisien untuk meningkatkan dan membantu proses penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif, karena data yang akan dikumpulkan adalah data empiris, yaitu fakta di lapangan. Data dikumpulkan secara berkesinambungan dari Pondok Pesantren Bahrul Ulum melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data berfokus pada reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.. Kegiatan Tarbiyatul Muballghin di Pondok Pesantren Bahrul Ulum. 1.banyak menghadapi tantangan terutama bagi santri yang kurang aktif dan belum memahami cara berbicara di depan umum, santri yang takut melakukan kesalahan saat tampil, dan santri yang belum memiliki pengalaman berbicara di depan umum; 2. Pelatihan public speaking untuk meningkatkan kemampuan dakwah santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum, meliputi pemahaman rasa percaya diri, penggunaan kata, intonasi dan gaya bahasa berbicara, serta penggunaan model deskripsi, topik, dan evaluasi. Pelatihan Public Speaking dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kepercayaan diri santri; 3. Dampak Kehidupan santri sangat terpengaruh oleh kegiatan Tarbiyatul Muballighin karena membantu mereka terbiasa berbicara di depan umum, berpidato dan memberikan pendapat di kelas. Kegiatan ini juga dapat membantu santri menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi dan bidang lainnya, terutama seni berdakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tarbiyatul Muballighin; Pondok Pesantren; Public Speaking; Santri.
Subjects: Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: riva nurulloh riva
Date Deposited: 06 Nov 2023 05:46
Last Modified: 06 Nov 2023 05:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81569

Actions (login required)

View Item View Item