Pengaruh Current Ratio (CR), Return on Assets (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi pada PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2011-2021

Nurkfofi, Riyan (2023) Pengaruh Current Ratio (CR), Return on Assets (ROA), dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Stock Price pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi pada PT. Kalbe Farma Tbk. periode 2011-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (394kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy

Abstract

Harga saham suatu korporasi yang mampu menghasilkan keuntungan dari setiap rupiah aset yang digunakan menjadi pendorong penelitian ini. Current ratio yang mengukur efisiensi perputaran seluruh aset perusahaan, return on asset terhadap nilai harga saham, dan debt to equity ratio yang mengukur tingkat keuntungan secara proporsional dan harga jual yang dapat dicapai untuk setiap unit produk. , adalah beberapa faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham. Peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana harga saham pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dipengaruhi oleh current ratio, return on asset, dan debt to equity ratio (Studi pada PT. Kalbe Farma, Tbk Periode 2011–2021).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan antara harga saham pada PT. Kalbe Farma Tbk dari tahun 2011 hingga 2021 dan rasio lancar, pengembalian aset, dan rasio utang terhadap ekuitas. Alasan penelitian ini didasarkan pada teori bahwa harga saham akan turun jika current ratio meningkat, harga saham akan meningkat jika return on variable assets meningkat, dan harga saham akan turun jika debt to equity ratio meningkat. . Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif sebagai metodologi penelitiannya. Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, dan Analisis Asosiatif adalah jenis analisis yang digunakan. SPSS For Windows Versi 20.0 digunakan untuk pengolahan data. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,1%, temuan menunjukkan bahwa Current Ratio hanya berpengaruh secara parsial terhadap harga saham. Kemudian, Debt to Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan koefisien determinasi sebesar 6,4%, dan Return On Assets secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan koefisien determinasi sebesar 11,3%. Dalam situasi yang sama, koefisien harga saham ditentukan menjadi 17,7% ketika Rasio Lancar, Pengembalian Aset, dan Rasio Hutang terhadap Ekuitas dipertimbangkan secara bersamaan. Sisanya 83,3% merupakan proporsi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio; Return on Assets; Debt to Equity Ratio; StockPrice
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: S.E Riyan Riyan Nurkhofi
Date Deposited: 10 Nov 2023 06:14
Last Modified: 10 Nov 2023 06:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81593

Actions (login required)

View Item View Item