Politainment dalam berita online : Analisis Framing Robert N. Entman dalam pemberitaan politik Detik.com edisi Desember 2022

Akbar, Muhammad Isyraqi Aly (2023) Politainment dalam berita online : Analisis Framing Robert N. Entman dalam pemberitaan politik Detik.com edisi Desember 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (92kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Berita politiainment merupakan percampuran antara berita politik dengan berita entertainment yang menciptakan simbiosis mutualisme antara media dengan aktor politiknya. Motif adanya politainment sendiri adalah untuk mendapakan traffic yang tinggi karena sifatnya yang menghibur. Cara menulis berita dengan format politainment dapat menggeser fokus utama dari beritanya, menjauhkan isi berita dari isu substantif dan mengurangi urgensi karena dengan format politainment fokusnya menonjolkan sisi menghibur dari peristiwanya. Politainment yang dilakukan oleh media menjadi wujud dari pola adaptasi industri media untuk menyesuaikan diri dengan environtment media online di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Detik.com melakukan pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat pilihan moral, dan penekanan penyelesaian politainment pada pemberitaan di rubrik politiknya. Dilandaskan pada model analisis framing Robert N. Entman. Dalam analisis framing Entman, konsep framing dibagi menjadi dua dimensi seleksi isu dan penonjolan pada aspek-aspek tertentu dari fakta atau realitas sebuah peristiwa. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing Robert N. Entman terbagi menjadi empat tehapan analisis yakni pendefinisian masalah (define problem), penyebab masalah (diagnose causes), nilai moral yang diberikan dalam berita (make moral judgment), penyelesaian masalah (treatment recommendation). Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan define problem yang digunakan oleh Detik.com dengan politainment dapat dilihat dari berbagai point seperti bergantung pada fokus beritanya, penggunaan bahasa dan judul berita, dan peran sentimen emosional. Pada bagian diagnose causes Detik.com sering mengangkat mengenai hubungan politik hingga momen pribadi. Kemudia pada bagian make moral judgement Detik.com secara konsisten memberikan kesan positif dan menciptakan citra positif bagi peristiwa politik yang diangkat. Dan pada bagian treatment recommendation Detik.com menekankan pada upaya untuk meredakan persaingan politik, menciptakan persatuan, memastikan stabilitas politik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Politainment; Analisis Framing; Berita Online.
Subjects: Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Aly Akbar Muhammad Isyraqi
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:14
Last Modified: 08 Nov 2023 02:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81605

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item