Partisipasi masyarakat dalam pembangunan Shelter rumah kucing terlantar pak Anam : Studi Deskriptif Pembangunan Shelter Rumah Kucing terlantar Pak Anam Bantar Gebang

Safitri, Wilis (2023) Partisipasi masyarakat dalam pembangunan Shelter rumah kucing terlantar pak Anam : Studi Deskriptif Pembangunan Shelter Rumah Kucing terlantar Pak Anam Bantar Gebang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya penelantaran hewan seperti kucing yang menjadi perhatian dari komunitas hewan, sehingga menimbulkan beragam bentuk partisipasi dalam sebuah tindakan sosial. Salah satunya dalam pembangunan Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam di Bantar Gebang. Penelitian ini memiliki tujuan (1) mengetahui program yang dijalankan dalam Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam. (2) mengetahui bentuk partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam,, dan (3) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber dalam empat tipe tindakan, yaitu tindakan rasionalitas instrumental, tindakan rasionalitas nilai, tindakan afektif, dan tindakan tradisional. Esensi tindakan sosial max weber adalah sebuah tindakan individu selama tindakan tersebut memiliki sebuah makna bagi individu lain. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang didapatkan berasal dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik penelitian yang digunakan yaitu observasi lapangan, wawancara, dan kepustakaan. Sedangkan, teknik analisis data terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini di Rumah Kucing Terlantar Pak Anam di Bantar Gebang. Hasil dari penelitian ini adalah (1) program-program yang dijalankan oleh Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam terdiri atas cat rescue, sterilisasi bersubsidi, program open adoption, program street feeding, program perawatan kucing sakit. (2) bentuk tindakan partisipasi masyarakat untuk membantu membangun kesejahteraan Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam terdiri atas partisipasi pemikiran, partisipasi tenaga, partisipasi keahlian, partisipasi barang, serta partisipasi dana atau uang, (3) faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi warga masyarakat dalam pembangunan Shelter Rumah Kucing Terlantar Pak Anam yaitu faktor usia, pendidikan, jenis kelamin, pekerjaan dan penghasilan, lamanya tinggal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Pembangunan; Shelter; Tindakan sosial
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: wilis safitri
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:30
Last Modified: 07 Nov 2023 04:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81607

Actions (login required)

View Item View Item