Pemahaman wartawan pers kampus tentang kode etik jurnalistik : Studi fenomenologi tentang KEJ pasal 3 pada wartawan Jurnalpos Media

Waldassani, Muhammad Farhan (2023) Pemahaman wartawan pers kampus tentang kode etik jurnalistik : Studi fenomenologi tentang KEJ pasal 3 pada wartawan Jurnalpos Media. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Pers kampus merupakan salah satu bagian penting dari kondisi keadaan kampus karena pers kampus menjadi bagian penghubung bagi mahasiswa untuk memenuhi informasi di lingkungan kampus. Oleh karena itu, sebagai wartawan pers kampus pemahaman tentang Kode Etik Jurnalistik sangat diperlukan agar mereka mengetahui batasan-batasan atau rambu-rambu bagi para wartawan dalam menghasilkan berita yang akurat dan sesuai fakta dilakukan sehingga dapat menjaga kepercayaan publik. Walaupun pada akhirnya tahap ini masih dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman wartawan Jurnalposmedia tentang Kode Etik Jurnalistik Pasal 3 meliputi pengalaman, persepsi dan penerapan yang dilakukan wartawan jurnalposmedia terhadap Kode Etik Jurnalistik Pasal 3. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz, pendekatan kualitatif dengan metode studi fenomenologi Alfred Schutz. Data diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi terhadap lima informan yang merupakan mahasiswa aktif dan tergabung dalam Jurnalpos Media. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama, pengalaman. Bahwa wartawan memiliki pengalaman dalam melakukan persiapan dan peliputan berita seperti melakukan riset dan mengetahui batasan atau aturan dilapangan. Kedua, persepsi. Bahwa wartawan memiliki persepsi yang sama terkait kode etik jurnalistik khususnya pasal 3 yang harus ditaati, demi melindungi wartawan dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat memberikan informasi yang layak bagi masyarakat. Ketiga, penerapan. Bahwa wartawan Jurnalpos Media sudah menerapkan Kode Etik Jurnalistik pasal 3 dalam setiap berita yang dipublikasikan, salah satunya dengan selalu melakukan check and recheck data dan fakta yang telah didapatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pers Kampus; Kode Etik Jurnalistik; Fenomenologi; Jurnalpos Media
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Muhammad Farhan Waldassani
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:12
Last Modified: 07 Nov 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81623

Actions (login required)

View Item View Item