Hubungan antara bimbingan muhadharah dengan sikap percaya diri santri : Penelitian di Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Baleendah

Nazar, Rifki Habibun (2023) Hubungan antara bimbingan muhadharah dengan sikap percaya diri santri : Penelitian di Pondok Pesantren Mathla’ul Huda Baleendah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, masih terdapat beberapa santri memiliki karakteristik minder, gugup, dan kurang percaya diri menjadi serangkaian masalah yang sering dihadapi santri ketika hendak berbicara di depan umum, sehingga pondok pesantren mengadakan kegiatan muhadharah yang didalam kegiatannya dibimbing oleh ustad dan pengurus yang dapat membantu dalam proses dalam menumbuhkan sikap percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan muhadharah dengan sikap percaya diri santri kelas VIII di Pondok Pesantren Mathla’ul-Huda. Bimbingan muhadharah merupakan suatu kegiatan ceramah keagamaan atau tabligh yang pada hakikatnya merupakan suatu bentuk hubungan komunikasi, yang berupa penyampaian ajaran-ajaran islam yang di selenggarakan dalam suatu majelis yang dibimbing oleh ustad atau pengurus disuatu lembaga. sikap percaya diri adalah keyakinan untuk melakukan sesuatu pada diri subjek sebagai karakteristik pribadi yang di dalamnya terdapat keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional, dan realistis, Santri adalah mereka yang mempelajari serta mentaati perintah agamanya yaitu Islam. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan uji validitas dan reliabiltas data, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu uji deskriptif kategorisasi, uji normalitas, linearitas data, uji korelasi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan muhadharah yang senantiasa dibimbing oleh ustad/para pengurus kepada santri kelas Kelas VIII di Pondok Pesantren Mathla’ul-Huda Baleendah sebagaian besar berada pada klasifikasi kategori tinggi 70% kategori sedang 23% dan kategori rendah 7%. Selanjutnya gambaran sikap percaya diri yang dimiliki berada pada kategori yang sama yaitu 70% pada kategori tinggi, 23% pada kategori sedang dan 7% pada kategori rendah . Dari hasil pengujian koefesien korelasi diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang positif, sehingga hipotesis H1 diterima yaitu terdapat hubungan antara bimbingan muhadharah dengan sikap percaya diri pada santri kelas VIII di Pondok Pesantren Mathla‘ul-Huda. Berdasarkan hasil uji korelasi diperoleh koefesien korelasi dengan nilai 0,810, yang artinya terdapat hubungan antara bimbingan muhadharah dengan sikap percaya diri pada santri kelas VIII di Pondok Pesantren Mathla’ul-Huda dengan kategori korelasi sangat kuat, serta dapat diinterpretasikan pada kategori 0,80- 1,00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hubungan; Bimbingan; Muhadharah; Sikap; Percaya diri: Santri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rifki Habibun Nazar
Date Deposited: 14 Nov 2023 04:14
Last Modified: 14 Nov 2023 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81631

Actions (login required)

View Item View Item