Pola interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat (Lokal) : Penelitian di Desa Sunia Baru Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka

Alamsyah, Riza Nudin (2023) Pola interaksi masyarakat pendatang dengan masyarakat setempat (Lokal) : Penelitian di Desa Sunia Baru Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTAK)
2_abstrak.pdf

Download (814kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (931kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy

Abstract

Desa Sunia Baru merupakan desa yang terletak di Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Desa Sunia merupakan salah satu desa dengan pendatang yang cukup bervariatif yang ada di Kabupaten Majalengka. Mayoritas penduduk Desa Sunia Baru berprofesi sebagai petani dan pedagang sayur. Adapun mayoritas pekerjaan masyarakat pendatang adalah Wirausaha dan pegawai yang di tugaskan bekerja di kantor Domisili Sunia. Sehubungan dengan hal tersebut masih terdapatnya kesenjangan sosial antara masyarakat pendatang dengan masyarakat stempat (lokal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan masyarakat pendatang, sikap masyarakat setempat (lokal) terhadap masyarakat pendatang, dan hubungan timbal balik antara keduanya di Desa Sunia Baru Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan Teori George Simmel yang menyatakan bahwa masyarakat sebagai hasil dari Interaksi timbal balik dan masyarakat dapat terbentuk karena adanya interaksi. Dalam interaksi tidak mementingkan berapa jumlah orang yang berinteraksi, tetapi yang penting adalah adanya interaksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan Pola Interaksi Sosial antara masyarakat pendatang dan masyaratakat setempat (lokal) di Desa Sunia Baru Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka. Peneliti berupaya untuk menjelaskan peristiwa dan kejadian yang sedang diteliti tanpa memberikan penilaian atau interpretasi khusus terhadap peristiwa tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Interaksi yang berlangsung di Desa Sunia Baru bersifat Asosiatif dan Disosiatif, adapun interkasinya berlangsung cukup baik. Cara masyarakat pendatang beradaptasi di lingkungan Desa Sunia Baru yaitu dengan membangun komunikasi yang baik, mengikuti kegiatan yang berlangsung dengan masyarakat setempat (lokal), serta mengikuti aturan-aturan yang berlaku di Desa Sunia Baru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Sosial ; Masyarakat Pendatang; Masyarakat Lokal;Timbal balik;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Riza Nudin Alamsyah
Date Deposited: 07 Nov 2023 01:19
Last Modified: 07 Nov 2023 01:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81635

Actions (login required)

View Item View Item