Implementasi nilai-nilai Qana'ah terhadap remaja di era Society 5.0: Studi penelitian di MTsN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan

Fauzi, Rizal Ahmad (2023) Implementasi nilai-nilai Qana'ah terhadap remaja di era Society 5.0: Studi penelitian di MTsN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang terjadi di era society 5.0 biasanya terjadi karena kurangnya pengawasan dari orang tua dalam meminimalisir penggunaan teknologi. Hal ini disebabkan akibat dari permasalahan remaja yang tidak bisa memilah dan memilih pergaulan di lingkungan sekitar, sehingga remaja tersebut tidak dapat mengontrol pergaulan pada dirinya sendiri. Di era yang cenderung mendorong manusia kearah perilaku konsumtif kiranya diperlukan penerapan sifat qanaah guna membentuk kontrol diri manusia, khususnya para remaja yang mana lebih dekat dengan arus perubahan kehidupan modern. Qanaah mendidik manusia supaya bisa menerima yang ada, dan tidak mencari yang tidak ada. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh penulis terbagi menjadi dua macam, yaitu yang pertama adalah Bagaimana permasalahan remaja di era society 5.0, dan yang kedua adalah Bagaimana Implementaasi qanaah terhadap remaja di era society 5.0. Dari wawancara yang sudah dilakukan dapat terlihat bahwa tidak semua siswa sudah menerapkan sifat Qana’ah dalam dirinya masing-masing. Terkadang butuh pembelajaran khusus dalam membangun siswa agar memiliki sifat Qana’ah, misalnya adanya penekanan pada siswa tentang permasalahan apa saja yang akan dialami dalam hidup. Ini bertujuan agar siswa memiliki gambaran mengenai kehidupannya, sehingga membuat siswa menegtahui cara seperti apa yang bisa diambil dalam memecahkan masalah tersebut. Penelitian yang diadakan di MTsN 2 Kuningan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Adapun jenis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sumber data yang terbagi menjadi data primer dan data sekunder. Untuk metode penelitian penulis menggunakan empat metode yakninya observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini terbagi pula menjadi dua, pertama pandangan guru SM yang menyatakan beberapa siswa telah berhasil menanamkan nilai qanaah dalam kehidupan sehari-hari melalui kegiatan yang diadakan oleh sekolah, namun terdapat pula sebagian siswa yang belum bisa menerapkan nilai qonaah ini dalam kehidupannya dan melakukan pelanggaran. Meskipun demikian fasilitas yang disediakan oleh pihak sekolah guna menerapkan nilai qanaah ini dinilai sudah cukup membantu. Yang kedua adalah sudut pandang dari salah satu siswa Mtsn 2 Kuningan yaitu siswa R yang menyatakan bahwa ia kurang memahami materi qanaah akibat kurangnya penjelasan nilai qanaah tersebut dari gurunya. Selain itu siswa R memandang bahwa fasilitas sekolah yang disediakan memang sangat membantu dalam proses pembelajaran dan juga mengembangkan potensi yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Qana'ah; Remaja; Era Society 5.0
Subjects: Theory of Philosophy
Islam > Islam and Technology
Islam > Sufism
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: rizal ahmad fauzi
Date Deposited: 07 Nov 2023 04:31
Last Modified: 07 Nov 2023 04:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81646

Actions (login required)

View Item View Item