Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program bank sampah dan minyak jelantah: studi deskriptif pada masyarakat RW 06 Kampung Pengarengan, kelurahan Jatinegara, kecamatan Cakung, Jakarta Timur

Qotrunnada, Ananda (2023) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah melalui program bank sampah dan minyak jelantah: studi deskriptif pada masyarakat RW 06 Kampung Pengarengan, kelurahan Jatinegara, kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (298kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya Program bank sampah dan minyak jelantah telah menjadi salah satu upaya yang diadopsi dari program pemerintahan dalam pengelolaan sampah di RW 06 Kampung Pengarengan, namun masih banyak juga sampah yang belum terkelola dengan baik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Tindakan Rasional Instrumental masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kampung Pengarengan, 2) Tindakan Afektif masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kampung Pengarengan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Tindakan Sosial menurut Weber terbagi menjadi empat kategori, Tindakan Rasionalitas Instrumental, Tindakan Sosial Nilai, Tindakan Afektif, dan Tindakan Sosial Tradisional. Berdasarkan kategori Tindakan Sosial Max Weber, yang sesuai dengan perilaku masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kampung Pengarengan yaitu Tindakan Rasionalitas Instrumental dan Tindakan Afektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menggambarkan fenomena mengenai partisipasi masyarakat melalui program Bank Sampah dan Minyak Jelantah. Sumber data yang diambil oleh peneliti yaitu data primer dan sekunder dengan informan yang berjumlah Sembilan orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian ini yaitu di RW 06 Kampung Pengarengan Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung Jakarta Timur. Hasil penelitian ini menunjukkan Tindakan Sosial yang dilakukan masyarakat RW 06 yang berpartisipasi dalam program Bank Sampah dan Minyak Jelantah yaitu dua pertimbangan sadar yang dilakukan oleh masyarakat Kampung Pengarengan pad Tindakan Rasionalitas Instrumental yaitu partisipasi pada pengelolaan sampah melalui program Bank Sampah dan Minyak Jelantah dan pemanfaatan Sumber Daya Alam dalam mengurangi masalah lingkungan dengan beberapa cara rasional yang dilakukan. Tindakan Afektif yang dilakukan masyarakat yang berpartisipasi dalam program Bank Sampah dan Minyak Jelantah yaitu melakukan tindakan secara spontan meliputi rasa Bahagia dan keikhlasan dalam mengikuti program karena ditujukan untuk bersedekah kepada anak yatim dan kaum dhuafa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi masyarakat; Pengelolaan sampah; bank sampah; dan minyak jelantah
Subjects: Culture and Institutions
Communities > Community Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ananda Qotrunnada
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:26
Last Modified: 07 Nov 2023 07:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81660

Actions (login required)

View Item View Item