Kontirbusi Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di desa Babakanreuma Sindangagung Kuningan

Mendoza, Daffa Ulhaq (2023) Kontirbusi Badan Usaha Milik Desa dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat : Studi deskriptif di desa Babakanreuma Sindangagung Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

BUMDes Amar Jaya di Desa Babakanreuma mampu memberikan kontribusi terhadap percepatan pembangunan desa melalui kreativitas dan inovasi masyarakat. Berbagai program pemberdayaan yang dirancang oleh BUMDes Amar Jaya atas dasar permasalahan, potensi dan harapan masyarakat. Salah satu program yang telah berjalan dan mampu memberikan dampak tidak hanya terhadap aspek sosio­ ekonomi masyarakat saja, juga pada aspek lingkungan yaitu program pengelolaan limbah sampah plastik.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program-program BUMDes Amar Jaya, menganalisis proses pelaksanaan dan bentuk keberhasilan program BUMDes Amar Jaya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di Desa Babakanreuma Kabupaten Kuningan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode deskriptif dengan mendeskripsikan secara empiris kondisi dilapangan. Sumber data terdiri dari sumber data primer yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Adapun sumber data sekunder didapatkan melalui teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles Huberman meliputi reduksi data, representasi data dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan teori pemberdayaan menurut Jim Ife (1995) merupakan sesuatu yang disiapkan untuk masyarakat mencakup sumber daya (resource), kesempatan, pengetahuan serta keterampilan dalam meningkatkan potensi dan kapasitas diri masyarakat agar dapat menjalankan kehidupan yang akan datang dan memiliki partisipasi dalam mempengaruhi kehidupan kelompok masyarakat.hasil penelitian menunjukan beberapa program BUMDes Amar Jaya yakni:(a) pengolahan limbah plastik (b) pelatihan pengolahan limbah plastik dan (c) pengembangan dan pemasaran UMKM. Tahapan program BUMDes Amar Jaya yaitu: (a) tahapan penyadaran (b) tahap kapasitas program-program dan (c) tahap pendayaan untuk mendorong kemandirian masyarakat. Bentuk keberhasilan program BUMDes Amar Jaya yakni: (a) meningkatnya pendapatan asli desa seperti program pengelolaan limbah plastik (b) pengelolaan potensi desa ntuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan dan (c) pemberdayaan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam semua proses program yang dijalankan oleh BUMDes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BUMDes; pemberdayaan; masyarakat; program; ekonomi
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Daffa Ulhaq Mendoza
Date Deposited: 08 Nov 2023 00:45
Last Modified: 08 Nov 2023 00:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81694

Actions (login required)

View Item View Item