Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen muslim dan implikasinya terhadap keputusan pembelian jasa Rumah Sakit Syariah di kota Bandung

Sundjaya, Hartman (2023) Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen muslim dan implikasinya terhadap keputusan pembelian jasa Rumah Sakit Syariah di kota Bandung. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover-4.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak-4.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi-5.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1-3.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab 3-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (921kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab 5-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Berawal dari minimnya jumlah Rumah sakit syariah yang ada di Kota Bandung. serta daya saingnya dalam industri pelayanan kesehatan syariah terbilang masih rendah. Kurangnya dorongan masyarakat Muslim untuk menggunakan produk-produk yang sesuai syariah, termasuk layanan kesehatan syariah.Preferensi konsumen terhadap rumah sakit syariah baik di Indonesia umumnya dan khususnya di Kota Bandung menjadi latar belakang penelitian ini. Sehingga Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan preferensi konsumen muslim di Kota Bandung terhadap rumah sakit syariah menjelaskan signifikansi masing- masing faktor pembentuk variabel laten. pengaruh variabel kebudayaan, sosial, kepribadian, psikologis, religiusitas, dan karakteristik pemasaran syariah terhadap preferensi konsumen muslim serta terhadap keputusan pembelian jasa rumah sakit syariah. serta menjelaskan pengaruh langsung preferensi konsumen muslim terhadap keputusan pembelian jasa rumah sakit syariah di Kota Bandung. Kerangka penelitian ini dibangun berlandaskan pada grand theory magashid syariah, middle range theory yaitu teori ekonomi syariah, dan applied theory yaitu teori perilaku konsumen. Hipotesis yang diuji yaitumasing-masing faktor signifikan membentuk variabel latennya, terdapat pengaruh kebudayaan, sosial, kepribadian, psikologis. religiusitas, dan karakteristik pemasaran syariah terhadap preferensi konsumen muslim maupun terhadap keputusan pembelian jasa rumah sakit syariah, serta terdapat pengaruh langsung preferensi konsumen terhadap keputusan pembelian jasa rumah sakit syariah. Metode penelitian ini adalah jenis kuantitatif dengan obyek penelitian yaitu konsumen muslim di Kota Bandung. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, di mana untuk data primer bersumber dari responden yaitu warga masyarakat muslim di Kota Bandung. Pengumpulan data menggunakan metode pengamatan, penyebaran kuesioner, wawancara serta penelitian dokumen. Data yang didapat selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif Analisis data menggunakan model Structural Equation Modelling (SEM), gabungan antara Analysis Factor Confirmatory (CFA) dengan Analisis Jalur (Path Analysis) dengan bantuan Program LISREL. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa seluruh variabel faktor valid dan reliabel dalam membentuk variabel latennya masing-masing. Variabel-variabel kebudayaan, sosial, kepribadian, psikologis, religiusitas, dan karakteristik pemasaran syariah ditemukan berpengaruh signifikan pada preferensi konsumen muslim terhadap rumah sakit syariah. Secara keseluruhan variabel kebudayaan, sosial, kepribadian, psikologis, religiusitas, dan karakteristik pemasaran syariah juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jusa rumah sakit syariah, dan implikasinya bahwa preferensi konsumen muslim juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian jasa rumah sakit syariah di Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Preferensi Konsumen;Implikasinya; Keputusan Pembelian Jasa Rumah Sakit Syariah
Subjects: Econmics
Econmics > General Publications of Economic
Econmics > Economic Situation and Conditions
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Hattman Sundjaya
Date Deposited: 07 Nov 2023 08:09
Last Modified: 07 Nov 2023 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/81698

Actions (login required)

View Item View Item